get app
inews
Aa Read Next : Rahasia Nastar Lembut dan Lumer di Mulut untuk Lebaran yang Istimewa

Tahukah Kamu Inilah 7 Makanan Penyebab Jerawat Loh !!

Selasa, 23 Mei 2023 | 11:43 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Jerawat merupakan permasalahan kulit yang sering kali mengganggu penampilan, terutama jika muncul di area wajah. Selain pengaruh hormon, kemunculan jerawat juga bisa dikarenakan oleh faktor eksternal seperti mengonsumsi makanan penyebab jerawat.

Beberapa jenis makanan diketahui memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak berlebih sehingga dapat menimbulkan jerawat pada kulit.

7 Makanan penyebab jerawat harus diketahui oleh siapapun. Sebab jerawat sangatlah mengganggu kesehatan kulit dan penampilan.

Selain itu, makanan penyebab jerawat ini juga kerap membuat pori-pori wajah tersumbat sehingga masalah memicu terjadinya masalah jerawat sehingga perlu dibatasi atau bahkan dihindari.

Nah, berikut 7 makanan penyebab jerawatyang perlu kamu hindari,

1.Gorengan

Siapa yang tak suka gorengan? Makanan satu ini memang sulit untuk dihindari karena rasanya yang renyah dan gurih. Makanan ini pun tergolong cukup terjangkau dan mudah dibuat.

Namun, penggunaan minyak berlebih membuat gorengan jadi makanan yang tidak sehat. Kadar minyak ini akan membuat lemak dalam tubuh menumpuk dan membuat produksi minyak di wajah jadi berlebihan sehingga bisa memicu jerawat.

2.Produk olahan susu

Olahan susu kerap dianggap sebagai salah satu produk makanan yang punya banyak manfaat. Sebut saja yogurt, es krim, dan susu rendah lemak.

Namun, sejumlah produk kadang diberi gula tambahan sehingga bisa menimbulkan jerawat. Mengonsumsi dalam jumlah berlebihan akan memicu produksi sebum yang tinggi juga. Hal ini akan membuat wajah cenderung berminyak dan berjerawat.

3.Cokelat

Mitos yang menyebut bahwa cokelat juga bisa menjadi makanan penyebab jerawat tidak sepenuhnya salah. Pasalnya, sudah banyak penelitian yang membahas tentang masalah ini.

Menurut penelitian dari jurnal Cytokine mengungkapkan bahwa cokelat dapat membuat kondisi kulit berjerawat semakin parah dan semakin banyak.

Hal ini disebabkan lantaran cokelat dapat meningkatkan pelepasan protein interleukin-1B (IL-IB) dan IL-10. Pelepasan protein ini yang nantinya membuat bakteri penyebab jerawat (P. acnes) dapat menginfeksi kulit.

4.Makanan cepat saji

Sama halnya dengan gorengan, makanan cepat saji juga menggunakan banyak minyak dalam proses pembuatannya. Kandungan lemak yang sangat tinggi dalam makanan cepat saji dikabarkan akan mendorong munculnya jerawat.

Selain itu, makanan cepat saji juga membuat penumpukan lemak sehingga membuat berat badan lebih cepat naik.

5.Makanan mengandung omega-6

Makanan dengan kandungan omega-6 sebenarnya baik untuk kesehatan tubuh. Sejumlah organ dalam tubuh butuh nutrisi ini untuk menjaga kesehatannya.

Namun, kandungan omega-6 yang berlebihan juga akan membuat jerawat menjadi lebih banyak. Jenis-jenis makanan yang mengandung omega-6, mulai dari minyak kedelai, mayones, dan minyak jagung.

6.Whey protein

Kandungan whey protein sering dijumpai pada produk makanan, minuman, dan suplemen olahraga. Nutrisi ini berguna untuk mempercepat pertumbuhan otot tubuh.

Sayangnya, kandungan ini juga bisa memicu peningkatan produksi insulin yang menyebabkan jerawat. Sejumlah studi sudah membuktikan hubungan antara whey protein dan peningkatan jumlah jerawat dalam beberapa waktu.

7.Lemak trans

Tak hanya memicu penyumbatan pembuluh arteri di jantung, mengonsumsi makanan yang mengandung lemak trans secara berlebihan juga dapat menyebabkan peradangan yang menjadi pemicu pertumbuhan jerawat.

Lemak trans biasanya berasal dari minyak sayur yang telah digunakan untuk memasak dan biasa ditemukan dalam makanan olahan, seperti biskuit dan mentega, serta makanan dengan kandungan lemak jenuh lainnya, seperti daging merah dan keju.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut