get app
inews
Aa Read Next : Usai Gerindra Bertemu NasDem, PPP Bakal Berfikir Ulang Berkoalisi di Pilwali Kota Probolinggo

Mahdi Meminta Dana Desa Untuk Pengembangan UMKM di Desa

Jum'at, 11 Maret 2022 | 14:00 WIB
header img
Foto Habib Mahdi Wakil Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur

PROBOLINGGO, iNews.id - Usaha pemerintah membangun perekonomian masyarakat Indonesia masih timpang. Diharapkan dana desa untuk kebutuhan pembangunan desa baik ekonomi maupun infastruktur. 

Pengalokasian Dana Desa dilakukan dengan menggunakan alokasi yang dibagi merata ke setiap wilayah berdasarkan jumlah penduduk, luas wilayah, angka kemiskinan dan tingkat kesulitan geografisnya.

 Mahdi, Wakil Ketua Komisi B yang membidangi perekonomian mendorong UMKM di Jatim mendorong pemerintah untuk memenuhi standarisasi mutu yang sudah ditetapkan oleh pemerintah maupun lembaga terkait. 

Karena itu, perlu ada sosialisasi yang masif kepada pelaku UMKM di daerah.

"Sosialisasi menjadi yang utama untuk membangun kesadaran pelaku UMKM tentang pentingnya standarisasi baku mutu. Saya berharap dana desa bisa digunakan untuk sosialisasi kepada pelaku UMKM yang ada di desa-desa," kata Mahdi.

Ia juga menjelaskan dengan memberdayakan dana desa untuk pengembangan UMKM yang ada di desa akan lebih memperkuat perekonomian masyarakat di desa tersebut.

"Dengan cara berkodinasi dengan pemerintah daerah biasa mengadakan pelatihan dan sosialisasi untuk pengembangan UMKM di desa-desa, contohnya dengan mengadakan pelatihan digital marketing, atau pengembangan mutu dan kualitas produk yang telah diproduksi oleh masyarakat.

Karena dipemerintah, lanjut Mahdi sudah ada anggarannya untuk hal tersebut namun dinas terkait tidak bisa menjangkau semua desa yang ada di Kabupaten Probolinggo. 

"Kita bisa mengadakan pelatihan di kecamatan dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten untuk pengembangan UMKM dengan biaya bisa urunan dari desa menggunakan dana desa untuk konsumsi dan lain, mungkin untuk narasumber bisa dibiayai oleh dinas terkait", ungkapnya.

Dengan adanya pengembangan UMKM maka ekonomi masyarakat akan semakin kuat khususnya perekonomian yang ada di desa tersebut.

"Kalau ada 10 UMKM saja yang aktif dan berkembang, sudah berapa orang yang akan tertolong dari pengembangan UMKM tersebut", Pungkas Politisi Partai PPP tersebut.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut