get app
inews
Aa Read Next : Penumpang Kereta Api Wilayah Daop 9 Meningkat, Selama Libur Cuti Bersama Peringatan Maulid Nabi

Perkuat Sinergi, Danlanal Banyuwangi Berharap Daya Saing Pelabuhan Probolinggo Meningkat

Jum'at, 23 Agustus 2024 | 17:46 WIB
header img
Letkol laut (p) Hafidz, M.Tr.Opsla saat acara coffe Morning ( foto : iNewsProbolinggo.id / Ide Raphel)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Kunjungan kerja Letkol laut (p) Hafidz, M.Tr.Opsla, di Pelabuhan Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) Kota Probolinggo, pada Jum at (23/8/2024) siang, membahas tentang menurunnya kunjungan kapal di dermaga, selama tahun 2024.

Dalam sematan acara coffe morning di aula Gedung DABN Dermaga Barat, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo itu, juga mengundang pengusaha bongkar muat kapal yang ada di wilayah perairan Probolinggo, serta stakeholder terkait.

Di pertemuan itu, juga membahas penyebab menurunnya kunjungan kapal di dermaga Probolinggo di tahun 2024 saat ini.

Diketahui, ada penurunan sebanyak 13 persen, dibanding tahun 2023 lalu. Hal itu disebabkan tingginya tarif layanan masuk di dermaga.

Namun menurut Hafidz, hal tersebut tidaklah menjadi kendala.

"Karena, ada harga, ada kualitas ya, seharusnya, meskipun tarif layanan disini terbilang mahal, tapi disini juga bisa memberikan servis layanan yang terbaik," terangnya.

Sehingga meskipun harga tinggi, setidaknya kapal yang mengunjungi Dermaga di Probolinggo tidak kecewa. Kendati demikian, pihaknya juga meminta instansi terkait bisa mengevaluasi kembali kendala tersebut.

"Agar nantinya kunjungan kapal di Probolinggo meningkat, dan mampu mendongkrak perekonomian di wilayah setempat, tetap, nanti kami akan mengevaluasi kembali,"ungkapnya.

Diketahui, di tahun 2023 lalu, ada 400 kapal yang melakukan bongkar muat di Dermaga DABN. Sedangkan di tahun 2024, dari awal bulan Januari, hingga Juli masih tercatat ada 202 kapal yang melakukan bongkar muat.

"Dari kunjungan ini, saya bisa tahu, apa penyebab dari menurunnya kunjungan kapal di sini, saya hanya berharap, agar stakeholder terkait, mampu mengevaluasi, dan meningkatkan lagi kinerjanya, dan itu selalu kita upayakan, salah satunya saling bersinergi satu sama lain," tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut