get app
inews
Aa Read Next : Mila Karmila Pelari Asal Kota Probolinggo Raih Medali Emas di PON XXI

Ikan Asap di Kota Probolinggo Cuman 10 ribu Per Porsi Lho !

Rabu, 12 Juni 2024 | 15:03 WIB
header img
Ikan Asap di warung Srikandi ( foto: iNewsProbolinggo.id/ ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Ikan asap adalah hidangan yang lezat dan kaya akan cita rasa yang cukup diminati banyak orang.

Dengan proses pengasapan yang khas, ikan tersebut mendapatkan aroma dan rasa yang unik membuat ketagihan para penikmat kuliner yang satu ini.

Salah satu daerah yang menjual ikan asap adalah kota Probolinggo sebab di wilayah ini terdapat perkampungan nelayan, dekat dengan pelabuhan perikanan, dilengkapi pasar lelang ikan maupun pasar ikan, untuk umum yang terletak di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan.

Tak heran banyak kita jumpai warung penjual ikan asap, seperti warung Srikandi milik Slamet Harianto, warga Kelurahan Mayangan yang terletak di Jalan Supriyadi, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

Warung Ikan Asap Srikandi, setiap harinya buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.

"Kebetulan saya juga punya kapal ikan, jadi ikan Asap yang saya jual merupakan hasil tangkapan sendiri, dan tentunya masih segar. Selain dibuat bahan ikan asap, sebagian hasil tangkapan saya setor ke pabrik," terang Slamet.

Untuk menikmati menu Ikan asap milik Slamet, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harganya murah, cukup Rp 10 ribu kita bisa menikmati menu ikan asap milik Slamet.

Slamet menambahkan, selama ini banyak masyarakat yang mengira, menu ikan asap itu mahal. Namun di tempatnya, hanya sebesar Rp 10 ribu hingga 100 ribu, dengan sambal khas yaitu sambal blimbing wuluh ada juga sambal terasi.

"Untuk hari biasa kita bisa menjual 30 - 70 porsi ikan asap, untuk sementara ini yang paling dicari pembeli ikan asap bawel hitam atau dorang, ada juga ikan  tongkol, salem dan ikan lainnya," ujarnya.

Untuk pengasapan, Slamet menggunakan tongkol jagung, dikarenakan asap yang dihasilkan optimal. Maka daging ikan asap milik Slamet, juga empuk dan matang.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut