get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Di Probolinggo Ada Warung Penjual Ikan Asap Seharga Rp 10 Ribuan Loh, Disini Tempatnya !

Rabu, 19 Juli 2023 | 23:21 WIB
header img
Warung ikan Asap Srikandi ( Foto : InewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO, InewsProbolinggo.id - Probolinggo merupakan salah satu daerah penghasil ikan segar, hal itu dikarenakan sebagian wilayahnya merupakan daerah pesisir pantai.

Banyak penduduk di kota maupun Kabupaten Probolinggo, yang mata pencahariannya menjadi nelayan, khususnya di Kelurahan/Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Perkampungan nelayan yang dekat dengan pelabuhan perikanan, dilengkapi pasar lelang ikan maupun pasar ikan untuk umum ada di Pelabuhan Perikanan Pantai Mayangan.

Tak heran, selain berjual ikan segar hasil tangkapan nelayan, warga setempat juga membuka usaha kuliner berbahan ikan segar, seperti ikan asap dan ikan bakar.

Seperti yang dilakukan Slamet Harianto, warga Kelurahan Mayangan yang membuka warung ikan asap di Jalan Supriyadi, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo.

Slamet mengaku baru memulai membuka usahanya, yakni warung Ikan Asap Srikandi, setiap harinya buka mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB.


Menu ikan Asap warung Srikandi ( Foto : InewsProbolinggo.id/ Ide Nasution)

"Kebetulan saya juga punya kapal ikan, jadi ikan Asap yang saya jual merupakan hasil tangkapan sendiri, dan tentunya masih segar. Selain dibuat bahan ikan asap, sebagian hasil tangkapan saya setor ke pabrik," terang Slamet.

Untuk menikmati menu Ikan asap milik Slamet, pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Harganya murah, cukup Rp 10 ribu kita bisa menikmati menu ikan asap milik Slamet.

Slamet menambahkan, selama ini banyak masyarakat yang mengira, menu ikan asap itu mahal. Namun di tempatnya, hanya sebesar Rp 10 ribu hingga 100 ribu, dengan sambal khas yaitu sambal blimbing wuluh ada juga sambal terasi.

"Untuk hari biasa kita bisa menjual 30 - 70 porsi ikan asap, untuk sementara ini yang paling dicari pembeli ikan asap bawel hitam atau dorang, ada juga ikan  tongkol, salem dan ikan lainnya," ujarnya.

Untuk pengasapan, Slamet menggunakan tongkol jagung, dikarenakan asap yang dihasilkan optimal. Maka daging ikan asap milik Slamet, juga empuk dan matang.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut