get app
inews
Aa Read Next : Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, BPJS Gelar Pertemuan dengan Pemkot Probolinggo

Pemkot Probolinggo Bakal Gelar 37 Festival Event Budaya di 2024

Jum'at, 19 April 2024 | 04:26 WIB
header img
Salah satu Festival Budaya yang pernah diselenggarakan Pemkot Probolinggo ( Foto: iNewsProbolinggo.id/ Ide Naaution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Kalender Event Wisata dan Olahraga Kota Probolinggo Tahun 2024 telah disiapkan Pemkot Probolinggo rangka memajukan sektor Pariwisata bakal gelar 37 Festival Event Budaya.

Bertempat diruang Command Center, kalender Event wisata itu  dibahas secara rinci oleh Pj Wali Kota Probolinggo Nurkholis bersama Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Rachmadeta Antariksa, Rabu (17/4/24).

Dalam paparannya, Dispopar menyampaikan bahwa telah disusun 37 agenda event mulai dari bulan Januari hingga Desember 2024. Agenda-agenda ini melibatkan berbagai pihak, termasuk perangkat daerah, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), dan organisasi masyarakat. 

Rangkaian acara tersebut mencakup beragam kegiatan, seperti kerapan sapi merah, panen padi organik, Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), bersih kampung Bremi, pentas seni Jati, festival anggur, festival layang-layang Wali Kota Cup, B-Fest, pawai obor, dan masih banyak lagi. Rencananya, kalender event ini akan segera diumumkan kepada masyarakat.

Nurkholis, selaku Pj Wali Kota Probolinggo, optimis akan potensi pariwisata yang dimiliki oleh kota ini. Ia menekankan pentingnya pengembangan potensi wisata dengan memperhitungkan anggaran yang tersedia, sekaligus menghasilkan pendapatan bagi kas daerah. 

Selain itu Nurkholis juga menyoroti pentingnya pemilihan judul event yang menarik untuk menarik perhatian wisatawan, baik lokal maupun internasional.

Sebagai contoh, ia memuji judul acara B-Fest (Borang Festival) yang dijadwalkan pada bulan Agustus, karena dinilai memiliki daya tarik yang kuat. “Ini judulnya sudah bagus, kita harus menarik wisatawan melalui judul yang mengagumkan juga,” ujar Nurkholis.

Sementara Kepala Dispopar, yang akrab disapa Kadis Deta, menyambut baik arahan dari Pj Wali Kota. Ia menyatakan bahwa masukan yang diberikan akan dijadikan inspirasi bagi pihaknya untuk berinovasi termasuk bagaimana mengelola anggaran yang terbatas dengan cara yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Probolinggo.

"Dengan partisipasi bersama ini, diharapkan upaya pengembangan pariwisata Kota Probolinggo dapat berjalan lancar dan memberikan manfaat yang maksimal bagi seluruh masyarakat," harapnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut