get app
inews
Aa Read Next : Menjelajahi Malam Keberkahan: Tata Cara Sholat Lailatul Qadar

Ingin Malam Jumat lebih Istimewa Lagi? Yuk Simak Sunnah Sunnah Rasulullah SAW Dibawah Ini

Kamis, 30 November 2023 | 18:33 WIB
header img
Sumber foto : Okezone

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Malam Jumat merupakan malam yang istimewa bagi umat Islam. Pada malam ini, Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk melakukan berbagai amalan sunnah, di antaranya:

Memotong kuku dan rambut
Menggunting kuku dan rambut pada malam Jumat juga merupakan sunnah Rasulullah SAW. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

Dari Ummu Salamah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memotong kuku pada malam Jumat.”(HR. Abu Daud no. 1322 dan Ibnu Majah no. 1094)

Makan kurma
Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk makan kurma pada malam Jumat. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa makan tujuh biji kurma Ajwah pada pagi hari Jumat, maka ia akan terlindungi dari racun hingga malam hari.”(HR. Bukhari no. 2344 dan Muslim no. 2047)

Membaca surat Al-Kahfi
Membaca surat Al-Kahf pada malam Jumat juga merupakan amalan sunnah yang memiliki banyak keutamaan. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

Dari Abu Sa’id al-Khudri radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, maka ia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.’”(HR. Al-Hakim dan dishahihkan oleh Al-Albani)

Berdoa di waktu mustajab
Waktu mustajab merupakan waktu di mana doa dikabulkan oleh Allah SWT. Salah satu waktu mustajab adalah pada malam Jumat. Sebagaimana disebutkan dalam hadits berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Sesungguhnya di antara hari Jumat dan hari Jumat berikutnya terdapat waktu yang tidak ada seorang hamba pun yang berdoa kepada Allah dalam waktu itu, kecuali Allah akan mengabulkan doanya. Dan waktu itu adalah pada akhir waktu Ashar.’ (HR. Muslim no. 1905)

Selain amalan-amalan di atas, Rasulullah SAW juga menganjurkan umatnya untuk menghidupkan malam Jumat dengan beribadah, seperti salat, membaca Al-Qur'an, dan berzikir.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut