get app
inews
Aa Read Next : Pembalap Rio Haryanto Tempel Ayat Kursi di Kokpit Mobil F1, Netizen Nyangkain China Tahunya Muslim

Keutamaan Hari Jumat, Umat Islam Wajib Tahu

Jum'at, 03 November 2023 | 11:10 WIB
header img
Foto: Okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Hari Jumat adalah hari yang istimewa bagi umat Islam. Hari ini disebut sebagai hari raya umat Islam, dan memiliki banyak keutamaan. Berikut adalah beberapa keutamaan hari Jumat yang perlu diketahui:

  • Hari terbaik dalam satu pekan

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda bahwa hari Jumat adalah hari terbaik dalam satu pekan. Beliau bersabda, "Hari terbaik di mana matahari terbit adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu ia dimasukkan ke surga, dan pada hari itu ia dikeluarkan dari surga." (HR Muslim)

  • Waktu turunnya rahmat Allah

Rasulullah SAW juga bersabda bahwa pada hari Jumat terdapat waktu yang istimewa di mana doa-doa akan dikabulkan oleh Allah. Beliau bersabda, "Sesungguhnya pada hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang hamba muslim berdiri untuk memanjatkan doa, mengharapkan kebaikan dunia dan akhirat, melainkan Allah akan mengabulkan doanya. Waktu tersebut adalah antara asar dan maghrib." (HR Abu Dawud)

  • Waktu untuk berkumpul dan saling mengingatkan

Hari Jumat juga merupakan waktu untuk berkumpul dan saling mengingatkan. Hal ini dapat dilakukan dengan menghadiri shalat Jumat, mendengarkan khutbah, dan berdiskusi dengan sesama muslim.

Berikut adalah beberapa amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat:

  • Mandi Jumat

Mandi Jumat adalah amalan yang diwajibkan bagi laki-laki yang ingin melaksanakan shalat Jumat. Mandi Jumat bertujuan untuk membersihkan diri dan menghilangkan bau badan.

  • Mendengarkan khutbah Jumat

Khutbah Jumat adalah ceramah yang disampaikan oleh khatib sebelum shalat Jumat. Khutbah Jumat bertujuan untuk memberikan nasihat dan petunjuk kepada umat Islam.

  • Membaca surat Al-Kahfi

Membaca surat Al-Kahfi dianjurkan untuk dilakukan pada hari Jumat. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Said Al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan dipancarkan cahaya baginya dari bawah kakinya sampai ke langit, akan meneranginya kelak di hari kiamat." (HR Al-Hakim)

  • Berdoa

Hari Jumat adalah waktu yang istimewa untuk berdoa. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak doa di hari Jumat. Doa-doa yang dipanjatkan di hari Jumat memiliki peluang lebih besar untuk dikabulkan oleh Allah.

Dengan mengetahui keutamaan dan amalan yang dianjurkan di hari Jumat, umat Islam dapat memanfaatkan hari ini dengan sebaik-baiknya. Semoga kita dapat memperoleh keberkahan dan kebaikan dari Allah SWT di hari Jumat.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut