get app
inews
Aa Read Next : 10 Daerah Penghasil Batik Terpopuler di Indonesia

Daerah Penghasil Kopi Terbesar di Indonesia

Rabu, 25 Oktober 2023 | 11:31 WIB
header img
Sumber foto : Okezone

PROBOLINGGO, iNewsPrbolinggo.id - Indonesia merupakan salah satu produsen kopi terbesar di dunia. Pada tahun 2022, Indonesia menghasilkan 652.400 ton kopi, atau setara dengan 2,2% dari produksi kopi dunia. Kopi Indonesia dikenal dengan kualitasnya yang tinggi dan beragamnya jenis kopi yang dihasilkan.
Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS), berikut adalah daerah penghasil kopi terbesar di Indonesia:

Sumatera Selatan

Sumatera Selatan merupakan provinsi penghasil kopi terbesar di Indonesia, dengan produksi kopi sebesar 212.400 ton pada tahun 2022. Kopi yang dihasilkan di Sumatera Selatan umumnya adalah kopi robusta.

Lampung

Lampung merupakan provinsi penghasil kopi terbesar kedua di Indonesia, dengan produksi kopi sebesar 124.500 ton pada tahun 2022. Kopi yang dihasilkan di Lampung umumnya adalah kopi robusta.

Sumatera Utara

Sumatera Utara merupakan provinsi penghasil kopi terbesar ketiga di Indonesia, dengan produksi kopi sebesar 87.000 ton pada tahun 2022. Kopi yang dihasilkan di Sumatera Utara umumnya adalah kopi robusta dan kopi arabika.

Aceh

Aceh merupakan provinsi penghasil kopi terbesar keempat di Indonesia, dengan produksi kopi sebesar 75.300 ton pada tahun 2022. Kopi yang dihasilkan di Aceh umumnya adalah kopi arabika.

Bengkulu

Bengkulu merupakan provinsi penghasil kopi terbesar kelima di Indonesia, dengan produksi kopi sebesar 60.100 ton pada tahun 2022. Kopi yang dihasilkan di Bengkulu umumnya adalah kopi robusta.
Selain daerah-daerah di atas, Indonesia juga memiliki beberapa daerah penghasil kopi lainnya, seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Timur.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut