get app
inews
Aa Read Next : BREAKING NEWS, PBNU Edarkan Surat Larangan Kerja Sama dengan Lembaga Berafiliasi Israel

Tata Cara Doa Qunut Nazilah untuk Palestina Lengkap Teks Bahasa Arab, Latin dan Terjemahan

Jum'at, 13 Oktober 2023 | 05:47 WIB
header img
Doa qunut nazilah untuk Palestina adalah bentuk dukungan umat Islam terhadap rakyat Palestina yang tengah diserang oleh Israel. Foto Tangkapan layar Youtube

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Doa qunut nazilah untuk Palestina adalah bentuk dukungan umat Islam terhadap rakyat Palestina yang tengah diserang oleh Israel. Doa ini dimaksudkan agar warga Palestina diberi kekuatan, keselamatan, dan pertolongan Allah dalam menghadapi serangan dan kezaliman Israel. 

Kementerian Kesehatan Palestina di Jalur Gaza, seperti yang dilaporkan oleh Al Jazeera, menyatakan bahwa hingga Rabu (11/10/2023) dini hari, sedikitnya 900 orang telah meninggal akibat serangan pasukan Zionis Israel. Dari jumlah tersebut, 260 di antaranya adalah anak-anak dan 230 perempuan dewasa.

Selain itu, serangan pasukan Israel yang meluas juga telah melukai setidaknya 4.500 orang. Angka ini belum termasuk korban jiwa di Tepi Barat, di mana 21 warga Palestina tewas ditembak oleh pasukan Israel, dan 130 lainnya mengalami luka. Israel juga melakukan tindakan dehumanisasi terang-terangan serta berupaya untuk menakuti masyarakat Palestina.

Kebiadan bangsa Israel ini tentu saja memicu kemarahan umat Islam. Oleh karena itu, bagi umat Islam yang tidak dapat berjuang di Jalur Gaza, dianjurkan untuk membaca doa Qunut Nazilah bagi Palestina. 

Qunut Nazilah adalah doa yang dibaca dalam salat fardu, bertujuan untuk memohon pertolongan Allah ketika kaum Muslim dihadapkan pada bencana seperti gempa bumi, banjir, perang, penindasan, dan sebagainya. 

Doa Qunut ini bertujuan untuk memohon kebaikan dan keselamatan bagi mereka yang terkena bencana besar serta untuk menjauhkan mereka dari kejahatan musuh yang mengancam. 

Qunut Nazilah sangat dianjurkan untuk dibaca ketika terjadi bencana atau kezaliman. Diriwayatkan oleh Bukhari-Muslim dari Anas bin Malik dan Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW membaca Qunut Nazilah selama sebulan saat terjadi pembunuhan terhadap 60 shahabat penghafal Al-Quran.  

Begini Cara Qunut Nazilah

1. Dikerjakan setelah rukuk rakaat terakhir shalat fardhu

2. Imam membacakan dengan suara keras pada sholat subuh, magrib dan isya dan diaminkan makmum. Sedangkan pada sholat dzuhur dan ashar dibaca pelan.

3. Mengangkat kedua tangan

4. Tidak mengusapkan ke wajah setelah doa
 

Doa Qunut Nazilah untuk Palestina, Arab dan Artinya

اَللَّهُمَّ اهۡدِنِي (نَا) فِيمَن هَدَيۡتَ . وَعَافِنِي (نَا) فِيمَن عَافَيۡتَ . وَتَوَلَّنِي (نَا) فِيمَن تَوَلَّيۡتَ . وَبَارِكۡ لِي (لَنَا) فِيمَا أَعۡطَيۡتَ . وَقِنِي (نَا) وَاصۡرِفۡ عَنِّي (نَّا) بِرَحۡمَتِكَ شَرَّ مَا قَضَيۡتَ . فَإِنَّكَ تَقۡضِى وَلاَ يُقۡضَىٰ عَلَيۡكَ . وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَن وَّٱلَيۡتَ . وَلاَ يَعِزُّ مَنۡ عَادَيۡتَ . تَبَارَكۡتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيۡتَ . فَلَكَ ٱلۡحَمۡدُ عَلَى مَاقَضَيۡتَ . أَسۡتَغۡفِرُكَ وَ أَتُوۡبُ إِلَيۡكَ   اَللَّهُمَّ ٱلۡعَنِ ٱلۡكَفَرَةَ وَٱلۡمُبۡتَدِعَةَ وَالۡيَهُوۡد وَٱلۡمُشۡرِكِينَ وَٱلۡمُنَافِقِينَ . ٱلَّذِينَ يَصُدُّونَ عَنۡ سَبِيلِكَ وَيُكَذِّبُونَ رُسُلَكَ وَيُقَاتِلُونَ أَوۡلِيَآءَكَ . اَللَّهُمَّ اشۡدُدُ وَطۡأَتَكَ عَلَيۡهِمۡ وَاجۡعَلۡ عَلَيۡهِمۡ رِجۡزَكَ وَعَذَابَكَ . اَللَّهُمَّ خَالِفۡ بَيۡنَ كَلِمَاتِهِمۡ . اَللَّهُمَّ بَدِّدۡ شَمۡلَهُمۡ . اَللَّهُمَّ فَرِّقۡ جَمۡعَهُمۡ . اَللَّهُمَّ زَلۡزِلۡ أَقۡدَامَهُمۡ . وَأَنزِلۡ عَلَيۡهِمۡ بَأۡسَكَ ٱلَّذِى لاَ تَرُدُّهُ عَنِ ٱلۡقَوۡمِ ٱلۡمُجۡرِمِينَ . اللَّهُمَّ انۡصُرۡ الۡمُسۡلِمِيۡنَ فِيۡ فَلَسۡطِيۡنَ وَانۡصُرِ الۡمُسۡلِمِيۡنَ فِيۡ كُلِّ مَكَانٍ.  اَللَّهُمَّ ا۟نصُرۡ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اَللَّهُمَّ ا۟رۡحَمۡ أُمَّةَ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ . اَللَّهُمَّ فَرِّجۡ عَنۡ أُمَّةِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ . اَللَّهُمَّ سَلِّمۡنَا وَٱلۡمُسۡلِمِينَ . وَعَافِنَا وَٱلۡمُسۡلِمِينَ . وَقِنَا وَإِيَّاهُمۡ مِن شَرِّ مَصَآئِبِ ٱلدُّنۡيَا وَٱلدِّينِ . اَللَّهُمَّ أَلِّفۡ بَيۡنَ قُلُوبِنَا وَأَصۡلِحۡ ذَاتَ بَيۡنِنَا . اَللَّهُمَّ ادۡفَعۡ عَنَّا ٱلۡغَلآءَ وَٱلۡبَلآءَ وَٱلۡوَبَآءَ وَٱلۡفَحۡشَآءَ وَٱلۡجَدۡبَ وَٱلۡقَحۡطَ وَٱلۡفِتَنَ وَالۡأَزۡمَةَ وَٱلۡمُنكَرَ، وَٱلسُّيُوفَ ٱلۡمُخۡتَلِفَةَ وَٱلشَّدَآئِدَ وَٱلۡمِحَنَ ، مَا ظَهَرَ مِنهَا وَمَا بَطَنَ ، مِنۢ بَّلَدِنَا هَٟذَا خَآصَّةً ، وَمِنۢ بُّلۡدَانِ ٱلۡمُسۡلِمِينَ عَآمَّةً إِنَّكَ عَلَىٰ كُلِّ شَيۡءٍ قَدِيرٌ .  وَصَلَّى اللَّهُ عَلَىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِالنَّبِيِّ ٱلۡأُمِّيِّ وَعَلَىٰ آلِهِۦ وَصَحۡبِهِۦ وَسَلَّمَ وَٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَمِلِينَ
 

Artinya: Ya Allah, berilah kami petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Sejahterakanlah kami sebagaimana orang yang telah Engkau sejahterakan. Uruslah kami sebagaimana orang yang telah Engkau urus. Berilah kami berkah pada apa saja yang telah Engkau berikan. Jagalah kami dan lenyapkan dari kami berkat rahmat-Mu kejelekan dari apa yang telah Engkau putuskan. (Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang memutuskan dan tidak diputuskan atas-Mu. Sesungguhnya tidak akan menjadi hina orang yang telah Engkau urusi. Dan tidak akan menjadi mulia orang yang telah Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala puji atas apa saja yang telah Engkau putuskan. Aku meminta ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu). Ya Allah, laknatlah orang-orang kafir, orang-orang Yahudi, orang-orang musyrik dan orang-orang munafik, yaitu mereka yang menghalang-halangi jalan-Mu, mendustakan para utusan-Mu, dan memerangi para kekasih-Mu. Ya Allah, keraskanlah injakan-Mu atas mereka dan jadikanlah siksa dan 'adzab-Mu pada mereka. Ya Allah, jadikanlah berselisih ucapan-ucapan di antara mereka. Ya Allah, cerai beraikan persatuan mereka. Ya Allah, koyak-koyaklah jama'ah mereka. Ya Allah, goncangkanlah kaki-kaki mereka; turunkanlah pada mereka siksa-Mu yang tidak Engkau kembalikan dari kaum yang durhaka. Ya Allah, tolonglah orang-orang Islam di Palestina dan negara-negara lainnya. Ya Allah, tolonglah ummat dari pemimpin kami Nabi Muhammad. Ya Allah, berilah rahmat ummat dari pemimpin kami Nabi Muhammad. Ya Allah, berilah jalan keluar kesulitan ummat dari pemimpin kami Nabi Muhammad. Ya Allah, selamatkanlah kami dan orang-orang muslim. Sejahterakanlah kami dan orang-orang muslim. Peliharalah kami dan mereka dari kejelekan musibah-musibah dunia dan agama. Ya Allah, kumpulkanlah antara hati-hati kami dan damaikanlah perselisihan di antara kami. Ya Allah, tolaklah dari kami harga yang mahal, bencana, wabah penyakit, perbuatan keji, paceklik, kelaparan, fitnah-fitnah, krisis, kemungkaran, pedang-pedang yang bertentangan, kesulitan-kesulitan dan ujian-ujian, apa yang nampak dari padanya dan apa yang tidak nampak, dari negeri kami pada khususnya dan negeri-negeri orang-orang muslim pada umumnya. Sesungguhnya Engkau adalah Yang Maha Kuasa atas setiap sesuatu. Mudah-mudahan Allah menambahkan rahmat ta'dhim pada pemimpin kami Nabi Muhammad, nabi yang ummiy, pada keluarga dan sahabat beliau dan semoga Allah menambahkan kemanjaan. Dan segala puji milik Allah, Tuhan seru sekalian alam.

Doa Qunut Nazilah versi Pendek اَللَّهُمَّ اهۡدِنِي (نَا) فِيمَن هَدَيۡتَ . وَعَافِنِي (نَا) فِيمَن عَافَيۡتَ . وَتَوَلَّنِي (نَا) فِيمَن تَوَلَّيۡتَ . وَبَارِكۡ لِي (لَنَا) فِيمَا أَعۡطَيۡتَ . وَقِنِي (نَا) وَاصۡرِفۡ عَنِّي (نَّا) بِرَحۡمَتِكَ شَرَّ مَا قَضَيۡتَ . فَإِنَّكَ تَقۡضِى وَلاَ يُقۡضَىٰ عَلَيۡكَ . وَإِنَّهُ لاَ يَذِلُّ مَن وَّٱلَيۡتَ . وَلاَ يَعِزُّ مَنۡ عَادَيۡتَ . تَبَارَكۡتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيۡتَ . فَلَكَ ٱلۡحَمۡدُ عَلَى مَاقَضَيۡتَ . أَسۡتَغۡفِرُكَ وَ أَتُوۡبُ إِلَيۡكَ اللَّهُمَّ إنَّا نَسْتَعِينُكَ وَنَسْتَغْفِرُكَ وَنَسْتَهْدِيكَ وَنُؤْمِنُ بِكَ وَنَتَوَكَّلُ عَلَيْكَ وَنُثْنِي عَلَيْكَ الْخَيْرَ كُلَّهُ نَشْكُرَكَ وَلَا نَكْفُرُكَ وَنَخْلَعُ وَنَتْرُكُ مَنْ يَفْجُرُكَ اللَّهُمَّ إيَّاكَ نَعْبُدُ وَلَك نُصَلِّي وَنَسْجُدُ وَإِلَيْكَ نَسْعَى وَنَحْفِدُ نَرْجُو رَحْمَتَك وَنَخْشَى عَذَابَكَ إنَّ عَذَابَك الْجِدَّ بِالْكُفَّارِ مُلْحَقٌ  وَصَلَّى اللَّهُ عَلَىٰ سَيِّدِنَا مُحَمَّدِالنَّبِيِّ ٱلۡأُمِّيِّ وَعَلَىٰ آلِهِۦ وَصَحۡبِهِۦ وَسَلَّمَ وَٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَمِلِينَ Artinya: Ya Allah, berilah kami petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk. Sejahterakanlah kami sebagaimana orang yang telah Engkau sejahterakan. Uruslah kami sebagaimana orang yang telah Engkau urus. Berilah kami berkah pada apa saja yang telah Engkau berikan. Jagalah kami dan lenyapkan dari kami berkat rahmat-Mu kejelekan dari apa yang telah Engkau putuskan. (Sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang memutuskan dan tidak diputuskan atas-Mu. Sesungguhnya tidak akan menjadi hina orang yang telah Engkau urusi. Dan tidak akan menjadi mulia orang yang telah Engkau musuhi. Maha Suci Engkau wahai Tuhan kami dan Maha Tinggi Engkau. Bagi-Mu segala puji atas apa saja yang telah Engkau putuskan. Aku meminta ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu). Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir. Mudah-mudahan Allah menambahkan rahmat ta'dhim pada pemimpin kami Nabi Muhammad, nabi yang ummiy, pada keluarga dan sahabat beliau dan semoga Allah menambahkan kemanjaan. Dan segala puji milik Allah, Tuhan seru sekalian alam.

Demikian adalah ulasan doa qunut nazilah untuk Palestina lengkap dalam teks Arab dan artinya yang dapat dipraktikkan oleh umat Islam dalam setiap shalat fardu, agar bangsa Palestina diberikan kekuatan dan pertolongan oleh Allah dalam menghadapi serangan kejam bangsa Israel. 

Editor : Suriya Mohamad Said

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut