get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Danau Thabariyah Kering Diminum Habis Yakjuj dan Makjuj Sebagai Tanda Hari Kiamat

Sejumlah Hewan yang Hidup di Danau Thabariyah, Nomor 2 Sudah Punah akibat Kekeringan

Selasa, 03 Oktober 2023 | 08:41 WIB
header img
Ikan Tristramella Sacra sudah tidak tercatat sejak tahun 1990, meskipun sudah dilakukan pencarian di danau dan pasar lokal, sehingga dianggap punah oleh IUCN. Foto: Newsatlas

JERUSALEM, iNews.id - Danau Thabariyah, juga dikenal sebagai Tiberias atau Laut Galilea, adalah sebuah perairan tawar yang besar dengan volume air sekitar empat kilometer kubik.  Danau Thabariyah juga disebutkan dalam hadist Rasullullah SAW.

Dari an-Nuwas dari Rasulullah SAW, beliau bersabda, "Kemudian Allah SWT mengeluarkan Yajuj dan Majuj, mereka turun dengan cepat dari bukit-bukit yang tinggi. Setelah itu gerombolan atau barisan pertama dari mereka melewati Danau Thabariyah dan meminum habis semua air dalam danau tersebut" (HR Muslim 2937/110, at-Tirmidzi 2240 Abu Dawud 4321, Ibnu Majah 4075).

Di danau tersebut hidup berbagai flora dan fauna lokal, termasuk berbagai jenis alang-alang dan fitoplankton. Menurut laman Newsatlas, beberapa fauna terkenal yang ditemukan di Danau Thabariyah adalah ikan nila, lele, dan tristramella. 

Air tawar yang melimpah di Danau Thabariyah juga mendukung banyak spesies burung, seperti bangau abu-abu, kuntul putih besar, camar berkepala hitam, dan burung nasar griffon.

1. Kuntul Putih Besar

Kuntul putih besar menjelajahi perairan dangkal untuk berburu ikan, katak, dan hewan air kecil lainnya. Mereka biasanya berdiri diam dan memperhatikan mangsa yang tidak curiga lewat. Kemudian, dengan kecepatan yang mengejutkan, mereka menyerang dengan menikam menggunakan leher dan paruh panjang mereka. 

Kuntul putih besar biasanya bersarang secara berkelompok (koloni) dan membuat sarangnya di pohon yang sangat tinggi. 

Kadang-kadang, mereka juga membuat sarang di pulau-pulau terisolasi untuk menghindari predator mamalia seperti rakun.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut