get app
inews
Aa Read Next : Apa Saja yang Dialami Orang yang Sudah Meninggal Menurut Islam, Berikut Penjelasannya

Berikut Tata Cara Mengirim Doa Yasin untuk Orang Meninggal, Membaca Doa Tawasul dan Al Fatihah

Kamis, 21 September 2023 | 08:05 WIB
header img
ilustrasi ziarah kubur dengan membaca Yasin, doa Tawasul dan Al Fatiha. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Cara mengirim doa Yasin untuk orang yang telah meninggal sangat penting bagi umat Muslim agar pahala dari doa tersebut sampai kepada ahli kubur.

Malam Jumat merupakan waktu yang sangat tepat untuk membaca Surat Yasin dan mengirimkan doa bagi mereka yang telah meninggal.

Dengan mengirimkan doa Yasin kepada orang yang telah meninggal atau ahli kubur, harapannya adalah agar mereka dapat memperoleh manfaat dari doa dan bacaan Surat Yasin tersebut serta memohon ampunan dosa kepada Allah SWT.

Proses mengirimkan doa Yasin ini umumnya dimulai dengan bertawasul kepada Nabi SAW, para wali, dan orang-orang saleh. Tawasul adalah cara mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui doa atau ibadah lainnya dengan menggunakan perantara, seperti menyebut nama-nama Allah yang mulia (al-Asma' al-Husna), sifat-sifat-Nya, amal shaleh, atau melalui makhluk Allah.

Hal ini bisa dilakukan dengan doa kepada Allah atau dengan mengingat posisi yang mulia di sisi Allah yang dimiliki oleh perantara tersebut.

Seorang Muslim yang melakukan tawasul harus meyakini bahwa permohonan hajatnya harus ditujukan hanya kepada Allah semata, dan juga harus meyakini bahwa hanya Allah yang akan menjawab doanya.

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut