get app
inews
Aa Read Next : Negara Penghasil Teknologi Senjata Canggih

Berikut 7 Negara Penghasil Teh Terbesar di Dunia

Rabu, 16 Agustus 2023 | 11:50 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Tahukah kamu, Teh menjadi salah satu minuman favorit sebagian besar orang di seluruh negara.

Menurut catatan sejarah, teh telah diperkenalkan sejak abad ke-15 oleh Dinasti Shang di China. Pada saat itu, teh bukanlah dianggap sebagai minuman, melainkan sebagai ramuan obat-obatan.

Memasuki abad ke-17 teh menjadi populer di Inggris. Hingga Inggris memperkenalkan minuman ini ke India bertujuan untuk menyaingi monopoli perdagangan teh dari negara tirai bambu.

Namun, bukan hanya China atau Inggris saja, melainkan terdapat sejumlah negara yang menjadi produsen atau penghasil teh. Dilansir World Atlas dan Speciality Tea Alliance, berikut ini negara penghasil teh terbesar di dunia.

1. China

China menjadi peringkat pertama sebagai negara penghasil teh terbesar di dunia. Merilis dari Database FAO negara ini bisa memproduksi teh hingga 1.473.443 ton per tahun. 

Adapun daerah penghasil teh di negara tersebut berasal dari Provinsi Fujian, Hubei, Sichuan, Yunnan, dan Provinsi Hunan. Varietas teh terpopuler di negara ini, meliputi teh oolong, teh kuning, teh melati, teh putih, dan teh hijau.

2. India

Negara produsen teh terbesar kedua adalah India. Negara ini bahkan bisa menghasilkan teh sebesar 1.325.050 ton per tahun. Daerah yang memproduksi teh di India ini, antara lain Benggala Barat, Tamil Nadu, Assam, Karnataka, dan Kerala.

Jenis teh yang biasanya ditanam antara lain nilgiri, teh darjeeling, dan teh assam. Perlu diketahui bahwa 70 persen teh yang diproduksi di negara ini malah dikonsumsi untuk masyarakatnya sendiri.

3. Kenya

Kenya menghasilkan teh dengan rata-rata mencapai 439.857 ton per tahunnya. Kenya memang tidak memiliki lahan perkebunan khusus yang luas, bahkan tidak melebihi satu hektar.

Akan tetapi, hal ini tidak menyurutkan semangat Kenya menjadi salah satu negara dengan produsen teh terbesar di dunia.

4. Sri Lanka

Daftar negara penghasil teh terbesar di dunia adalah Sri Lanka dengan total produksi sebanyak 349.699 ton per tahunnya. Negara ini menggunakan metode kontur dalam penanaman teh.

Varietas teh yang banyak ditemukan di Sri Lanka, antara lain ceylon green, ceylon white, dan ceylon green. Perkebunan teh Sri Lanka dapat Anda jumpai di daerah Nuwara-Eliya, Sabaragamuwa, Uva, Uda Pussellawa, Dimbula, dan Kandy.

5. Vietnam

Vietnam memiliki perkebunan teh seluas 123.188 hektar. Hal ini membuat negara ini bisa menghasilkan teh hingga 260 ribu ton per tahun.

Varietas teh di Vietnam didominasi oleh teh hitam curl-curl sebesar 60 persen, teh hijau 35 persen, serta 5 persennya lotus dan melati. Menariknya, Vietnam memiliki teh langka yang ditanam khusus dan terbatas, seperti teh shan tuyet.

6. Turki

Turki juga negara yang menghasilkan teh terbesar dengan total produksi mencapai 234 ribu ton per tahun.

Negara Timur Tengah ini memiliki aturan yang cukup ketat dalam menjaga hasil panen dan khusus petani teh itu sendiri.

Jika warganya mengimpor teh dari luar, maka Turki akan mengenakan pajak hingga 145 persen. Adapun varietas teh yang ditanam di wilayah ini adalah teh hitam, teh raze, dan teh turki.

7. Indonesia

Indonesia ternyata masuk dalam daftar negara penghasil teh terbesar di dunia. Indonesia sendiri bahkan bisa memproduksi hingga 139.362 ton per tahun. Adapun varietas teh yang ditanam di Indonesia, yakni teh hitam dan teh hijau. 

Itulah tadi daftar negara penghasil teh terbesar di dunia. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda ya !

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut