get app
inews
Aa Read Next : Bakwan Sehat tanpa Tepung dan Sedikit Minyak ala dr Zaidul Akbar, Ini Resep dan Cara Membuatnya

Sarapan Sehat Untuk Anak Penderita Diabetes, Bisa Dicoba ya Bunda

Senin, 03 April 2023 | 11:44 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Diabetes saat ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, melainkan juga terjadi pada anak-anak. Beberapa penyebab diabetes tipe dua terjadi pada anak diantaranya pengonsumsian susu formula yang berlebihan.

Meski demikian, anak masih bisa diberikan makanan rendah gula demi mencukupi nutrisinya. Kebutuhan nutrisi anak dengan diabetes sama dengan anak sehat pada umumnya.

Khusus pengidap diabetes, harus sangat memperhatikan apa yang dimakan sehari-hari. Tidak terkecuali pengidap diabetes yang masih anak-anak.

Anak dengan diabetes tentu tidak bisa secara sembarangan konsumsi makanan atau minuman,  agar gula darahnya tak meningkat. Dikutip dari Kidshealth, penderita diabetes perlu memberi perhatian khusus pada karbohidrat (karbohidrat), mengingat karena karbohidrat meningkatkan kadar gula darah.

Satu asupan penting yang perlu diperhatikan pengidap diabetes yaitu sarapan. Satu studi menemukan, jika skip sarapan justru bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang lebih besar setelah makan siang dan makan malam. Mengingat sebaiknya tidak dilewatkan, lantas apa saja sarapan yang aman dan sehat bagi anak dengan diabetes? Melansir Kidshealth, Web MD, dan Mayo Clinic, Senin (3/4/2023) berikut paparannya.

1. Sandwich telur: Telur orak-arik, rebus, atau rebus merupakan sumber protein yang baik. Protein membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, yang bisa bantu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Sarapan telur untuk anak diabetes, bisa dibuat berupa sandwich dengan telur orak-arik, daging tanpa lemak, keju rendah lemak, dan irisan tomat dengan roti gandum.

3. Telur dadar sayur: Telur dadar dicampur sayur-sayuran seperti brokoli, bayam, kangkung, dan tomat. Menu sarapan yang rendah karbohidrat, tinggi serat dan nutrisi. Menu ini juga disebut sebagai sumber vitamin C yang baik, dan penelitian menunjukkan cukup vitamin berguna untuk membantu tubuh mengelola gula darah.

4. Roti panggang dan alpukat: Buah denagn nutrisi dan lemak yang menyehatkan jantung, dan setiap setengahnya mengandung 7 gram serat. Kombo yang membantu perut tetap kenyang lebih lama, yang mendorong penurunan berat badan dan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut