get app
inews
Aa Read Next : Soroti Pemilu 2019, Gubernur LIRA Jatim Peringatkan KPU Probolinggo Jelang Pilkada 2024

Jelang Pemilu, Makam Bupati Pertama Probolinggo Mulai Ramai Dikunjungi Caleg

Rabu, 19 Juli 2023 | 11:34 WIB
header img
Juru kunci saat menunjukan beberapa pusaka didalam makam Kiai Joyolelono (Foto: InewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO, InewsProbolinggo.id - Jelang Pemilihan Legislatif (Pileg) Pemilu 2024, biasanya tempat keramat menjadi salah satu tujuan ziarah para Calon Legislatif (Caleg) untuk maksud tertentu.

Makam Bupati Pertama Probolinggo, Kiai Joyolelono salah satu tempat yang cukup banyak dikunjungi para Caleg. Makam itu terletak di Kampung Sentono, Mangunharjo, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Juru kunci makam kompleks Kiai Joyolelono, Slamet menyebut, beberapa  peziarah akhir-akhir ini didominasi oleh para Caleg. Mereka datang untuk berdoa dan membaca ayat-ayat suci Al-Qur'an. Selasa (18/07/2023)

"Biasanya malam Jum at mereka datang sekitar jam 22.00 WIB. Dengan membawa bunga dan dupa, dan langsung ke ruang utama makam Kiai Joyolelono dan ratu kencana ungu, bahkan ada yang sampai subuh pulangnya," terang Slamet.

Apa yang dilakukan para Caleg tersebut terbilang wajar, karena yang mereka lakukan termasuk ikhtiar. Mereka bukan minta ke makam, tapi hanya tempat saja di makam.

"Mereka datang kesini karena mungkin lebih khusuk untuk ber doa, mereka memohon kepada Allah bukan selainnya," imbuhnya.

Perlu diketahui, ada beberapa barang yang dipercaya yang merupakan pusaka peninggalan kiai Joyolelono. Meliputi : keris, tombak dan beberapa pusaka lainnya.

Kyai Joyolelono adalah bupati pertama Probolinggo,  yang dilantik atas jasa dan dedikasinya, karena daerah Probolinggo mengalami kemajuan yang pesat. Ziarah kemakam Kiai Joyolelono, adalah sebagai bentuk penghormatan atas jasanya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut