get app
inews
Aa Read Next : Tips Menjaga Kebersihan Mulut dan Cegah Bau Mulut saat Berpuasa

Ini 4 Cara Mengatasi Karang Gigi

Rabu, 21 Juni 2023 | 12:01 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Gigi berlubang dan penyakit gusi adalah dua masalah gigi dan mulut yang paling populer. Namun, bagaimana dengan karang gigi? Dibandingkan dengan masalah gigi lainnya, kebanyakan orang seringkali menyepelekan kemunculan karang gigi. Bahkan tidak sedikit pula yang justru tidak mengetahui keberadaan karang di giginya sama sekali.

Padahal, kondisi satu ini bisa berbahaya jika didiamkan tanpa mendapatkan perawatan yang tepat. Jangan salah, beberapa penyakit kronis bisa dipicu oleh kesehatan gigi dan mulut yang buruk. Termasuk akibat menumpuknya karang gigi.

Ternyata karang gigi membuat gigi lebih kuning dan kurang bercahaya. Karang gigi parah biasanya akibat sering merokok dan bisa mengganggu penampilan gigi. Bukan hanya mengganggu penampilan, plak ataupun karang gigi bisa menyebabkan gusi Anda meradang.

Jika tidak dibersihkan dengan baik jadi sarang bakteri. Berikut cara membersihkannya karang gigi, apa saja?

1. Sikat gigi secara teratur

Secara alami umumnya dilakukan yaitu sikat gigi secara teratur. Terutama untuk karang gigi yang masih berwarna putih.

Para ahli menganjurkan setiap orang menyikat gigi sebanyak dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Supaya benar-benar bersih, sikatlah gigi Anda selama dua menit.

2. Gunakan lemon

Menggunakan Jus Lemon sebagai perawatan gigi berkarang dapat membantu mengikis/mengurangi perlahan karang gigi. Caranya dengan mencelupkan sikat gigi ke jus lemon dan gosok gigi Anda.

Diamkan selama 1 menit sebelum dibilas. Perlu diingat tidak melakukannya terlalu sering, karena asam lemon dapat menyebabkan erosi gigi.

3. Flossing

Mungkin banyak dokter gigi mungkin berbeda pendapat terkait menggunakan benang gigi secara teratur dan mereka yang tidak, perbedaannya bisa mencolok.

Gusi merah atau bengkak yang mudah berdarah dapat menjadi tanda jelas bahwa flossing dan kebiasaan gigi lebih baik diperlukan. “Membersihkan semua sisi gigi Anda, termasuk sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi, adalah hal yang baik,” kata Dr. Tim Iafolla, pakar kesehatan gigi di NIH dilansir dari nih.gov.

"Fakta belum ada penelitian besar tentang flossing berbasis populasi tidak berarti bahwa flossing tidak efektif,” katanya.

4. Scalling

Jika karang gigi sudah terlalu parah dan tak bisa dihilangkan lagi dengan gosok gigi, maka cara terbaik adalah melakukan scalling gigi. Scalling merupakan prosedur untuk membersihkan atau menghilangkan karang (mineral yang mengeras) yang menempel pada gigi. Perawatan ini mungkin diperlukan jika kamu mengalami periodontitis atau infeksi pada gusi yang bisa merusak gigi, jaringan gigi.

Scalling dilakukan oleh dokter gigi dengan menggunakan alat getar bernama scaler ultrasonik, dokter gigi akan melakukan proses scalling. Caranya ujung logam yang bergetar pada scaler akan membersihkan karang gigi dari gigi di atas garis gusi. Kemudian semprotan air pada scaler membersihkan karang gigi dan membersihkan plak dari kantong gusi. Lalu dokter gigi menggunakan scaler dan pengikis gigi manual (kuret) untuk menghilangkan sisa kecil karang gigi. Dengan cara ini karang gigi membandel bisa dimusnahkan.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut