get app
inews
Aa Read Next : Tips Menjaga Kebersihan Mulut dan Cegah Bau Mulut saat Berpuasa

8 Tips Bebas Bau Mulut saat Berpuasa

Selasa, 04 April 2023 | 11:02 WIB
header img
Tips bebas bau mulut saat puasa. Foto: Okezone

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Di samping memberikan berbagai manfaat, puasa Ramadan juga dapat meningkatkan bau mulut. Kondisi tersebut juga dikenal sebagai halitosis. Dimana bau mulut terjadi akibat berkurangnya produksi air liur. Sehingga mulut menjadi lebih kering dan menjadi sarang bakteri. 

Dan tentu sudah menjadi rahasia umum, jika seseorang yang berpuasa akan mengalami bau mulut. Ini adalah masalah yang sering dialami dan kerap menurunkan rasa percaya diri saat harus berhadapan dengan orang lain.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah bau mulut tanpa membatalkan puasa. Diterangkan Praktisi Kesehatan Universitas Indonesia Dokter Ari Fahrial Syam, bau mulut sebenarnya dapat diminimalkan selama berpuasa.

Upaya yang bisa dilakukan adalah memastikan makanan yang dikonsumsi tidak sembarang hingga menjaga kebersihan mulut dengan baik dan benar.

"Bau mulut bisa diminimalisir dengan memperhatikan kebersihan mulut dan mengonsumsi makanan, minuman, dan buah-buahan yang baik untuk kebersihan mulut," terang dr. Ari pada MNC Portal, dalam sebuah kesempatan.

Lebih lengkapnya, berikut 8 tips mencegah bau mulut saat puasa tanpa membatalkan puasa menurut dokter Ari:

1. Bersihkan mulut

Disarankan kepada semua orang yang berpuasa untuk memelihara kebersihan mulut dengan menggosok gigi dan lidah setelah sahur dan setelah berbuka puasa. "Jangan menunda gosok gigi untuk tidur terlebih dahulu setelah sahur, ya," saran dr Ari.

2. Pakai dental floss

Gosok gigi dan sikat lidah saja tidak cukup. Dokter Ari menyarankan juga untuk menggunakan dental floss atau benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi. Ini diperlukan untuk memaksimalkan pembersihan gigi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut