get app
inews
Aa Read Next : 9 Tips Menabung untuk Membeli Hewan Kurban Idul Adha

Mendekati Idul Adha, Disperta Probolinggo Tingkatkan Pengawasan Kesehatan Hewan

Sabtu, 27 Mei 2023 | 17:20 WIB
header img
Salah satu pasar hewan di Kabupaten Probolinggo (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Meski Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah atau hari raya kurban masih kurang satu bulan. Dinas Pertanian (Disperta) Kabupaten Probolinggo, berupaya meningkatkan pengawasan terhadap kesehatan hewan baik lewat vaksinasi, dan lalu lintas hewan yang mulai ditingkatkan.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner Dinas Pertanian, drh. Nikolas Nuryulianto mengatakan, kegiatan dilakukan guna memastikan semua hewan sehat dan terhindar dari penyakit mulut dan kuku (PMK), serta Lumpy Dkin Disease (LSD).

Penyakit PMK menyerang pada mulut dan kuku, sementara untuk LSD merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus, dengan ditandai benjolan di kulit kaki.

"Saat ini dua penyakit ini, masih menjadi atensi. Tenaga teknis di lapangan tetap melakukan pemetaan, untuk menanggulangi penyakit ini," paparnya, Sabtu (27/5/2023).

Ia menjelaskan, kalau pihaknya terus menyediakan stok vaksin dan ternak. Dan hingga kini, kegiatan vaksinasi masih cukup efektif untuk menjaga kesehatan hewan dari berbagai macam virus.

Selain itu, pengawasan dan pengecekan pada pasar-pasar hewan turut digalakkan. Sebab, hewan yang datang dari luar daerah masih berpotensi membawa penyakit atau virus.

"Ini sengaja kami lakukan jauh-jauh hari, agar pada saat Idul Adha nanti, kesehatan hewan itu terjamin," ucapnya.

Sekadar informasi, menurut kalender masehi, Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 29 Juni 2023 mendatang.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut