get app
inews
Aa Read Next : Banyak Yang Belum Tahu, Inilah Beberapa Manfaat Rebusan Daun Alpukat untuk Kesehatan

Anda Suka Minum Susu Sebelum Tidur?? Ini 5 Manfaatnya

Kamis, 25 Mei 2023 | 11:36 WIB
header img
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Susu mengandung berbagai zat gizi yang penting bagi tubuh manusia. Minuman ini kaya akan protein dengan sembilan asam amino serta mineral seperti fosfor, yodium, kalsium, kalium, dan kalsium yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Susu juga kaya vitamin A, vitamin B2, vitamin B12, dan vitamin D yang diperlukan untuk kesehatan mata, kulit, sistem imun, serta tulang dan gigi. Tidak hanya itu, susu juga mengandung enzim-enzim yang berguna dalam metabolisme glukosa dan lemak.

Selain diminum langsung, susu dapat dikonsumsi dengan tambahan gula atau dalam bentuk produk olahan susu seperti keju dan yogurt. Namun, kandungan gizi dan kalori bahkan manfaatnya bisa berbeda dengan yang disajikan dalam bentuk susu murni.

Minum susu dipilih sebagai menu sarapan di pagi hari atau sebagai selingan saat waktu ngemil. Nah ternyata, minum susu juga bermanfaat sebelum Anda tidur.

Terlebih bagi Anda yang aktif, setelah beraktivitas seharian pasti lelah dan ingin segera istirahat. Minum susu bisa jadi solusinya, karena bisa membuat tidur Anda lebih berkualitas dan menghindari rasa lapar saat tengah malam.

Lalu apa saja manfaat minum susu sebelum tidur?

1. Pengantar tidur

Selain mengantarkan Anda tidur, memutuskan minum susu sebelum tidur bisa meminimalisir gangguan tidur di tengah malam.

Sehingga anda dianjurkan minum susu malt, ada penelitian kecil menemukan bahwa susu malt sebelum tidur mengurangi gangguan tidur. "Penjelasan ini tidak pasti tetapi mungkin berkaitan dengan vitamin B dan D dalam susu malt," keterangan dalam sleep foundation

2. Mengurangi lapar tengah malam

Rasa lapar umum dirasakan oleh siapapun, khusus makan di tengah malam wanita ataupun pria cukup khawatir. Makan berlebihan atau di tengah malam bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Minum susu sebelum tidur bisa bantu cegah rasa lapar tersebut. Sebab susu mengandung sumber energi utama pada tubuh yang dinamakan zat gizi karbohidrat, dan kandungan lemaknya, bisa menjadi cadangan energi tubuh, dan protein memberi rasa kenyang sepanjang malam.

3. Menguatkan Tulang

Selain berkaitan dengan tidur, susu juga bermanfaat untuk kesehatan tulang anda. Hal ini karena nutrisi dalam susu yang mengandung protein, fosfor, vitamin K2 dan kalsium.

Sehingga ini bisa meminimalisir terjadinya Osteoporosis atau masalah tulang, seperti cidera patah tulang. Sebab nutrisi dalam susu mampu menguatkan tulang.

4. Menjaga mood tetap baik

Minum susu juga bantu mengelola stres Anda dan menjaga mood tetap baik. Sebagaimana diketahui, susu mengandung vitamin D yang bisa mempengaruhi serotonin dalam otak.

Serotonin merupakan hormon yang berhubungan dengan nafsu makan, mood, dan tidur. Bila anda kekurangan vitamin D, lebih mudah mengalami depresi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut