get app
inews
Aa Read Next : Mengonsumsi Kopi: Manfaat, Efek Samping, dan Tips Aman

Bahaya Minum Kopi saat Perut Kosong

Selasa, 02 Mei 2023 | 14:46 WIB
header img
Bahaya minum kopi. Foto: okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Kopi merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Bagi sebagian orang, kopi bahkan dijadikan asupan pertama di pagi hari sebelum mengonsumsi makanan. Namun, apakah minum kopi saat perut kosong aman bagi kesehatan?

Minum kopi di pagi hari memang bisa membawa beragam manfaat bagi tubuh, seperti meningkatkan mood dan energi. Selain itu, minum kopi juga bisa membantu menghalau rasa kantuk. Manfaat-manfaat itulah yang menjadi alasan mengapa sebagian orang mengonsumsi kopi di pagi hari, termasuk saat perut masih kosong.

Kebiasaan minum kopi jadi salah satu rutinitas atau kebiasaan sehari-hari dari banyak orang. Bahkan bagi sebagian orang, minum kopi menjadi ‘bensin’, sebelum atau saat beraktivitas, selain untuk mencegah rasa kantuk dan lemas.

Meskipun minum kopi merupakan kebiasaan yang populer di kalangan banyak orang, namun tidak semua orang menyadari dampak buruk yang terjadi jika minum kopi saatperutkosong. Salah satunya adalah rasa mulas atau nyeri pada dada bagian atas dan tengah.

Mulas hingga nyeri di bagian dada atas dan tengah yang timbul setelah minum kopi dalam keadaan perut kosong ini, diketahui disebabkan oleh produksi asam lambung yang akan menurunkan pH lambung.

Meskipun pH yang sedikit lebih rendah tidak menjadi masalah bagi lapisan lambung, namun hal ini bisa menimbulkan masalah bagi lapisan kerongkongan yang lebih rentan terhadap kerusakan akibat asam, dikutip dari Times of India, Selasa (2/4/2023).

Tak hanya itu, kebiasaan minum kopi langsung setelah bangun tidur juga diketahui bisa memberikan dampak buruk. Mengapa? Sebab bisa meningkatkan hormon kortisol yang berperan dalam meningkatkan kewaspadaan.

Padahal, seperti merujuk pada hasil suatu penelitian, produksi kortisol dalam tubuh manusia berada pada salah satu dari tiga puncak hariannya dalam satu jam setelah bangun tidur. Kafein dalam kopi bisa meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh, jika minum kopi saat tubuh berada di puncak produksi kortisol, hal itu akan mengajarkan tubuh untuk memproduksi lebih sedikit kortisol.

Selain itu, kondisi ini juga berpengaruh pada pengembangan toleransi kopi. Artinya, Anda harus minum lebih banyak kopi untuk mencapai tingkat kewaspadaan yang sama. Belum lagi dengan risiko, kandungan kafein yang tinggi di dalam kopi bisa menyebabkan buang air besar secara berlebihan.

Maka dari itu, sebaiknya batasi mengonsumsi kopi jangan secara berlebihan dan ubah kebiasaan buruk minum kopi saat perut kosong. Para ahli merekomendasikan untuk mengonsumsi kopi atau teh, setidaknya satu jam setelah bangun tidur. Selain itu, pastikan untuk cukup tidur dan minum air putih setelah bangun tidur untuk membantu meningkatkan energi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut