get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Paiton Energy dan POMI Jadikan Air untuk Kesejahteraan Masyarakat

Jum'at, 07 April 2023 | 16:21 WIB
header img
Program Perlindungan Sumber Mata Air di Desa Binor, iNewsProbolinggo.id

Adapun bentuk konservasi mata air yang dilakukan oleh PE-POMI, seperti penanaman pohon pengikat air di area sumber mata air, pengeboran air artesis, pipanisasi ke rumah-rumah penduduk, pemasangan solar panel untuk kebutuhan listrik pada tandon air, serta sosialisasi tentang pembuangan dan pemanfaatan sampah. 

Hal tersebut telah dapat memberikan dampak positif, terhadap ketersediaan air di Desa Binor, selain memenuhi kebutuhan rumah tangga, air dimanfaatkan untuk bercocok tanam di pekarangan rumah dan juga untuk pertanian. 

Saat ini total pengguna manfaat dari program tersebut sebanyak 400 KK, setelah masyarakat memperoleh air bersih dengan terpasangnya pipanisasi di setiap rumah warga, maka rata-rata biaya untuk air bersih hanya Rp 50 – 70 ribu/bulan/KK. Ini jauh lebih hemat 10 kali lipat dari sebelumnya yang mencapai Rp 400 – 680 ribu/bulan/KK.

Head of External Relations PT Paiton Energy, Bambang Jiwantoro mengatakan, pada 2006 perusahaan mulai menginisiasi pengelolaan dan ketersediaan air bersih untuk kepentingan masyarakat di Desa Binor, sebagai bentuk praktek nyata dari tanggung jawab sosial perusahaan terhadap sumber kehidupan yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Kebutuhan air bersih masyarakat di Desa Binor cukup tinggi sehingga program ini terus dikembangkan setiap tahunnya. Program sanitasi air bersih telah dilaksanakan di Desa Binor sejak tahun 2006-2022,” kata Bambang.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut