get app
inews
Aa Read Next : DPC Sarbumusi Kabupaten Probolinggo Peringati Hari Buruh Internasional Dengan Bersholawat

Antisipasi Kios Nakal, Satgas Bus Patas Probolinggo Bakal Pasang Banner HET Pupuk Subsidi

Jum'at, 07 April 2023 | 13:10 WIB
header img
Ugas Irwanto saat memberikan surat peringatan ke pemilik kios (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo, melalui Satgas Bus Patas bakal menempelkan banner harga eceran tertinggi (HET), pupuk subsidi di masing-masing distributor atau kios pupuk. Itu agar distributor dan kios, tidak lagi menjual pupuk subsidi diatas HET.  

Rencana itu muncul, setelah Satgas Bersama Untuk Sinergi - Loyalitas, Kualitas, Efektivitas dan Tuntas (Bus Patas) melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di 4 titik distributor dan kios yang berada di Kecamatan Wonomerto, Bantaran, dan Leces. 

Dimana pada Sidak yang dilakukan Kamis (6/4/2023) itu, pihak Satgas Bus Patas mendapati kios-kios yang menjual pupuk subsidi, dengan harga diatas HET. Ada pula pupuk yang dijual, dengan disertai paketan pupuk non subsidi. Dan pembelian pupuk subsidi, tanpa disertai Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Masing-masing kios penjualannya bervarian, mulai dari Rp. 120 ribu hingga Rp. 150 ribu per kwintalnya. Padahal untuk HET pupuk subsidi, senilai Rp. 112.500.  

Ketua Satgas Bus Patas, Ugas Irwanto mengatakan, dari hasil Sidak pihaknya mendapat kesimpulan, bahwa sementara tidak ada kelangkaan pupuk subsidi. Stok melimpah, karena sejumlah petani tidak mengambil jatah sesuai dengan kuota yang didapat, dan ada juga data yang tidak valid.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut