get app
inews
Aa Read Next : Masuk Semifinal AFC 2024, Ini Sejumlah Tempat Nobar Timnas Indonesia di Probolinggo

Timnas Indonesia Posisi Terbawah pada Klasemen Sementara Piala Asia U-20 2023

Kamis, 02 Maret 2023 | 18:11 WIB
header img
Timnas Indonesia saat berhadapan dengan Irak (sumber/foto : okezone)

UZBEKISTAN, iNewsProbolinggo.id - Piala Asia U-20 2023 telah bergulir sejak 1 Maret 2023. Pada pertandingan awal, Timnas Indonesia U-20 kalah dengan Irak U-20. Kekalahan 0-2 itu, membuat Timnas Indonesia harus rela berada di posisi terbawah klasemen sementara.

Sementara posisi teratas, klasemen sementara diduduki tuan Rumah Uzbekistan, pasca menang 2-0 atas Suriah. Kemenangan itu, membuat Uzbekistan meraih tiga poin dan menjadi tertas klasemen sementara.

Diketahui, Timnas Indonesia yang berjuluk Garuda Nusantara memiliki mimpi buruk pada Rabu (1/3/2023) malam WIB. Sebab, Hayder Abdulkareem telah membuat Irak U-20 unggul sejak menit ke-28.

Sempat ada harapan bagi Timnas Indonesia U-20 untuk bangkit di babak kedua. Lantaran, Irak U-20 harus bermain dengan 10 orang akibat kartu merah yang diberikan kepada Charbel Shamoon.

Meski mendominasi penciptaan peluang, Hokky Caraka tetap tidak bisa mencetak gol penyeimbang. Malahan, Irak U-20 yang kembali mencetak gol melalui Mohammed Jameel di masa injury time. Hingga skor menjadi 2-0 tak terbalas.

Di tempat lain, Uzbekistan didukung penuh oleh para pendukungnya ketika menghadapi Suriah. Itu tidaklah mengherankan mengingat mereka merupakan tuan rumah kejuaraan ini.

Timnas Uzbekistan U-20 pun bermain apik dengan mendominasi sejak awal. Yang mencuri perhatian adalah permainan Abbosbek Fayzullaev.

Di menit ke-37, dia membuka skor melalui eksekusi tendangan bebas indah ke pojok kanan atas gawang. Di babak kedua, tepatnya menit ke-68, Fayzullaev kembali menjadi penyebab terciptanya gol untuk Uzbekistan.

Eksekusi sepak pojoknya mengarah langsung ke gawang. Seorang pemain Suriah salah mengantisipasinya dan menciptakan gol bunuh diri. Uzbekistan pun menang dengan skor 2-0.

Dengan demikian, Uzbekistan dan Irak sama-sama memiliki tiga poin. Namun, tuan rumah lebih berhak untuk ada di puncak untuk sementara ini karena nilai poin kedisiplinan. Sebab, masing-masing tim yang memiliki poin sama tersebut belum bisa dihadapkan dengan head-to-head dan nilai selisih golnya sama persis.

Uzbekistan menerima dua kartu kuning yang berarti minus dua. Sedangkan Irak menerima satu kartu kuning dan satu kartu merah. Sebagai catatan, kartu merah nilainya minus tiga. Berarti, Irak memiliki nilai minus empat.

Sementara itu, Indonesia menerima tiga kartu kuning yang berarti punya nilai kedisiplinan minus tiga. Sedangkan Suriah hanya mendapatkan satu kartu kuning yang berarti minus satu. Dengan demikian, untuk saat ini Indonesia ada di peringkat terbawah.

Sekedar informasi, posisi teratas klasemen sementara diduduki Uzbekistan (3 poin), Irak (3 poin), Suriah (0 poin), dan Indonesia (0 poin)

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut