get app
inews
Aa Read Next : Masuk Semifinal AFC 2024, Ini Sejumlah Tempat Nobar Timnas Indonesia di Probolinggo

Bakal Tampil di Piala Dunia U-20, Ini Harapan Presiden Jokowi Pada Timnas Indonesia

Selasa, 07 Februari 2023 | 15:49 WIB
header img
Skuad Timnas Indonesia untuk Piala Dunia U-20 foto : okezone/PSSI

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo tidak memasang target muluk-muluk untuk Timnas Indonesia U-20 pada piala Dunia 2023. Presiden Jokowi berharap timnas bisa tampil maksimal dan mampu lolos di fase grup.

Hal itu diungkap Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Zainudin Amali. Dia mengatakan bahwa Presiden Jokowi bersikap realistis. Dimana bagi Presiden Jokowi, lolos dari fase grup sudah pencapaian yang baik di pentas Piala Dunia U-20 2023. 

"Bapak Presiden mengharapkan anak-anak (Timnas Indonesia) main secara maksimal. Beliau (Presiden) tidak menargetkan muluk-muluk. Presiden tahu (kualitas) tim yang berlaga nanti," ujar Menpora Zainudin Amali, dikutip dari laman resmi Kemenpora, Selasa (7/2/2023).

Presiden juga berharap anak asuh Shin Tae-yong itu dapat bermain bagus dan tampil maksimal.

"Kalau boleh, ya jangan berhenti di babak penyisihan. Kita harus lolos, itu harapan dari Bapak Presiden," jelasnya.

Lebih lanjut, Menpora Amali cukup optimis harapan tersebut bisa terwujud. Sebab, Garuda Nusantara dinilai alami perkembangan di bawah kepelatihan Shin Tae-yong.

Selain itu, Zainudin Amali juga tengah mempercepat proses pemain naturalisasi sejumlah pemain keturunan. Hal ini diperlukan untuk menambah amunisi Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023.

"Semoga dengan kehadiran pemain naturalisasi dapat membantu Timnas Indonesia, meningkatkan kualitas. Mereka (pemain naturalisasi) dalam proses di Kemenkumham, saya sudah koordinasi. Semoga proses itu cepat ya," imbuh Menpora Amali.

Seperti diketahui, Timnas Indonesia U-20 akan segera berlaga di Piala Dunia U-20 2023. Indonesia akan jadi tuan rumah penyelenggaraan ajang bergengsi tersebut. Total, ada 24 negara yang akan ambil bagian di Piala Dunia U-20 2023. 

Selain Timnas Indonesia U-20, sudah ada 14 tim yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia U-20 2023, yakni Slovakia, Italia, Israel, Prancis, Inggris, Selandia Baru, Fiji, Amerika Serikat, Honduras, Guatemala, Rep. Dominika, Brasil, dan Uruguay.

Persiapan pun terus dilakukan, baik oleh Indonesia yang akan menjadi tuan rumah ataupun Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga di sana. Bahkan, pelatih Timnas Indonesia U-20, yakni Shin Tae-yong, sudah memasukkan sejumlah nama pemain dalam daftar pemain keturunan calon membela Garuda Nusantara.

Di antaranya, ada Ivar Jenner, Rafael Struick, dan Justin Hubner yang diharapkan bisa segera bisa membela Timnas Indonesia U-20. Ketiga pemain itu pun sudah sempat berlatih bersama dengan pasukan Shin Tae-yong.

Sebelum mentas di Piala Dunia U-20 2023, Timnas Indonesia U-20 akan lebih dahulu berlaga di Piala Asia U-20 2023. Ajang itu akan dihelat di Uzbekistan pada 1-18 Maret 2023.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut