Logo Network
Network

Belum Miliki Alat Pendeteksi Gempa, BPBD Kabupaten Probolinggo Perketat Pengawasan

Zainul Rifan
.
Jum'at, 25 November 2022 | 18:06 WIB
Belum Miliki Alat Pendeteksi Gempa, BPBD Kabupaten Probolinggo Perketat Pengawasan
Pusat titik gempa di Probolinggo dua hari lalu (foto : BMKG)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Bencana gempa yang bertitik di Wilayah Kabupaten Probolinggo, membuat perhatian tersendiri bagi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat. Karena belum miliki alat pendeteksi gempa, pihak BPBD pun memperketat pengawasan wilayah di Probolinggo.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Probolinggo, Rachmad Waluyo mengatakan, kalau sejatinya pihaknya pernah dijanjikan alat pendeteksi gempa bumi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Namun hingga saat ini, masih belum ada tindak lanjutnya.

"Kami masih terus berupaya dan saya, masih mencari orang yang pernah menjajikannya. Sehingga nanti dapat terealisasi," terangnya melalui pesan whatsapp, Jum'at (25/11/2022)

Namun untuk mengantisipasi terjadinya bencana, pihaknya lanjut Rachmad,  telah menyiagakan tim khusus pemantauan yang tugasnya, terus melakukan pemantauan dan pengawasan di masing-masing kecamatan. 

Mereka secara intens berkomunikasi, dengan pihak desa atau tim yang ada di desa. Sehingga ketika terjadi bencana, pihaknya segera merespon cepat dengan langsung melakukan evakuasi, terhadap dampak bencana tersebut.

"Jadi setelah menerima laporan, langsung dilakukan penanganan. Sehingga dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan dari bencana tersebut," katanya.

Sekadar informasi, Kabupaten Probolinggo dikelilingi tiga sesar, mulai Sesar Pasuruan yang terbentang dari barat ke arah timur pada Kecamatan Lekok dan Nguling, Kabupaten Pasuruan dengan panjang sekitar 13 km.

Kemudian sesar Probolinggo yang berada di tengah wilayah Kabupaten Probolinggo, yang bergerak dari Kecamatan Gending ke arah Pasuruan. Dan Sesar Wongsorejo, yang melewati area Banyuwangi dengan panjang sekitar 10 km.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News

Bagikan Artikel Ini