get app
inews
Aa Read Next : Bule Seksi Panjat Pohon Pinggir Jalan di Bali lalu Jatuh Viral, Diduga Sedang Mabuk

Berpakaian Payas Agung, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana Hadiri Welcoming Dinner of G20 Summit

Rabu, 16 November 2022 | 14:20 WIB
header img
Presiden jokowi beserta istri tercintanya (foto/sumber : okezone)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pada Gelaran The Welcoming Dinner of G20 Summit, di Bali. Presiden Joko Widodo hadir bersama istri tercintanya, Iriana Joko Widodo di mana kedatangan mereka disambut oleh suara meriah terompet. 

Presiden Joko Widodo, menjadi yang pertama hadir dalam pergelaran tersebut. Orang nomor satu di Indonesia itu, berjalan di atas karpet merah. Sesekali Jokowi menunjukan gestur hormat dan melanjutkan langkah dengan menggandeng tangan Iriana. 

Satu hal yang mencuri perhatian adalah pakaian yang dikenakan oleh Joko Widodo dan juga Ibu Iriana. Jokowi tampak begitu gagah dalam balutan pakaian adat Bali berjenis Payas Agung.

Sebagai informasi, dahulu kala tepatnya pada masa Kerajaan Badung, pakaian Payas Agung biasa digunakan oleh keluarga kerajaan. Bukan untuk sehari-hari, melainkan saat menghadiri berbagai upacara adat penting, salah satunya Munggah Deha atau upacara kedewasaan.

Dalam The Welcoming Dinner of G20 Summit, Jokowi memakai jas beludru pendek hitam dihiasi nuansa emas, serta kain khas Bali berwarna merah muda. Begitu pula Ibu Iriana yang dibalut pakaian serupa dilengkapi sehelai kain di kepalanya untuk menutupi sebagian rambut.

Usai Jokowi dan Iriana datang, satu persatu tamu undangan dari berbagai negara pun berdatangan. Salaman hangat Jokowi selalu siap menyambut kehadiran mereka.

Tampak Jokowi juga sedikit bercengkrama dengan para kepala negara. Setelah itu, Jokowi mempersilahkan para kepala negara untuk duduk di area tamu.

The Welcoming Dinner of G20 Summit ini merupakan satu dari sederet rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Seluruh kepala negara dijamu makan malam di kawasan ikonik Bali yang tidak lain adalah Garuda Wisnu Kencana.

Artikel ini telah ditulis sebelumnya, lewat kanal https://lifestyle.okezone.com/read/2022/11/15/194/2708206/gandeng-tangan-iriana-jokowi-gagah-berbusana-adat-bali-di-jamuan-makan-malam-ktt-g20?page=2

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut