get app
inews
Aa Read Next : Banyak Yang Belum Tahu, Inilah Beberapa Manfaat Rebusan Daun Alpukat untuk Kesehatan

Meski Sehat Beberapa Makanan Ini Tidak Baik Bagi Kesehatan Loh, Yuk Dicatat !

Selasa, 08 November 2022 | 08:27 WIB
header img
Foto instagram @thepretendbloger

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Makanan yang sehat, tidak selalu baik bagi kesehatan tubuh kita. Ada beberapa makanan yang malah, memberikan efek negatif bagi ginjal kita.

Sebagai informasi, fungsi organ ginjal dalam tubuh manusia, yakni berperan penting bagi sistem peredaran darah dalam tubuh. Oleh karena itu sebaiknya kita menjaga kesehatan organ ginjal agar keseluruhan tubuh juga sehat.

Untuk mengetahui apa saja makanan yang tidak baik bagi ginjal, agar fungsinya tetap berjalan dengan baik. Simak 6 makanan sehat yang bisa berdampak buruk bagi ginjal yang berhasil dirangkum dari http://reverehealth.com, Sabtu (5/11/2022).

Pertama Daging merah, terkenal sebagai makanan yang mengandung banyak protein. Sementara itu, tubuh membutuhkan beberapa protein untuk tumbuh, sembuh dan tetap sehat. Namun terlalu banyak protein dapat membuat ginjal bekerja lebih keras.

Kedua mentega, mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. National Kidney Foundation mencatat, bahwa penyakit jantung merupakan faktor risiko utama penyakit ginjal. Oleh karena itu, sebaiknya kurangi konsumsi mentega dan lemak babi. 

Ketiga Kacang tanah, mengandung oksalat yang merupakan sejenis mineral pada batu ginjal. Faktanya, batu ginjal kalsium oksalat adalah jenis batu ginjal utama, menurut National Kidney Foundation. Jika pernah memiliki batu ginjal kalsium oksalat di masa lalu, membatasi asupan makanan yang mengandung oksalat dapat mengurangi risiko terkena batu lain.

Keempat Alpukat, mengandung potassium dan mineral yang mengontrol fungsi saraf dan otot. Kalium membantu jantung mempertahankan ritme yang teratur dan diperlukan untuk mengontrol cairan, keseimbangan elektrolit, dan tingkat pH.

Namun kelebihan kalium dalam darah yang dikenal sebagai hiperkalemia, sering terjadi pada orang dengan penyakit ginjal stadium lanjut. Tanda dan gejala hiperkalemia termasuk mual, kelemahan, mati rasa dan detak jantung yang lambat.

Kelima Hati dan daging, organ lainnya memiliki konsentrasi purin yang tinggi. Kelebihan purin merangsang produksi asam urat yang mengendap di persendian, dalam bentuk kristal atau ke dalam ginjal hingga menjadi batu ginjal.

Keenam Sayuran Kaleng, meskipun sayuran sangat baik untuk tubuh, namun pada sayuran kalengan biasanya mengandung banyak sodium. Memiliki terlalu banyak natrium dalam sistem membuat ginjal sulit untuk mengeluarkan kelebihan cairan dari aliran darah.

Artikel ini telah ditulis sebelumnya, lewat kanal https://lifestyle.okezone.com/read/2022/11/05/298/2701409/6-makanan-sehat-yang-justru-bisa-berdampak-buruk-bagi-ginjal?page=2

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut