get app
inews
Aa Read Next : Pria di Kota Probolinggo Dilaporkan, Nekat Palsukan Surat Waris Jual Tanah Miliaran Rupiah

Tren Kasus Demam Berdarah Dengue di Kota Probolinggo Terus Meningkat

Rabu, 26 Oktober 2022 | 19:11 WIB
header img
(foto : Gianto/iNewsProbolinggo.id)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Tren jumlah kasus Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), di Kota Probolinggo mengalami kenaikan. Bahkan hingga bulan September 2022, jumlah kasus DBD mencapai 203 kasus. 

Hal itu disampaikan Sub Koordinator Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes-P2KB) Kota Probolinggo, Lusi Tri Wahyuni, pada Rabu (27/10/2022). 

"Hingga bulan September ini mencapai 203 kasus DBD," tandasnya. 

Ia menyebutkan, Kasus DBD di Kota Probolinggo dalam tiga tahun terakhir, mengalami peningkatan. Tahun 2020 lalu saja, hanya ada 75 kasus DBD. Kemudian pada tahun 2021,naik menjadi 153 kasus DBD. Sementara di tahun 2022 hingga akhir September kemarin, ternyata sudah ada 203 kasus DBD di Kota Probolinggo.

"Kasus DBD ini sampai sekarang masih menjadi atensi. Apalagi sekarang ini menjelang musim penghujan," ujar Lusi Tri Wahyuni. 

Ia menambahkan, penderita atau pasien DBD ini biasanya mengalami panas mendadak hingga 40 derajat Celcius. Selain panas, panderita biasanya mengalami sakit kepala, nyeri bola mata, mimisan, dan gusi berdarah. 

"Kalau pasien tidak segera mendapatkan pengobatan, bisa mengalami kejadian fatal. Berupa penurunan trombosit, karena mengalami pemecahan pembuluh darah," pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut