get app
inews
Aa Read Next : Inilah Bisnis Mentereng Suami Zaskia Adya Mecca, Hanung Bramantyo

Budidaya Ikan Koi Lumajang Tembus Pasar Internasional

Sabtu, 08 Oktober 2022 | 09:15 WIB
header img
Rony saat memberi makan ikan koi di diler koi miliknya

LUMAJANG, iNews.id - Ikan Koi dipercaya sebagai ikan pembawa hoki atau keberuntungan, bagi pemeliharanya. Hal itu, membuat sebagian masyarakat, banyak yang memelihara ikan tersebut.

Salah satunya Rony Angga Saputra, warga Kabupaten Lumajang. Berawal dari iseng memelihara Ikan Koi dan mengikuti sejumlah kontes Koi Sowh di sejumlah daerah, kini Rony sukses berjualan Ikan Koi hingga tembus pasar Internasional.

“Awalnya iseng memelihara dan ikut kontes koi dari itu saya tau kalau ikan koi memiliki nilai ekonomi yang bagus, karena kalau ikan koi menang di kontes maka harga ikan koi tersebut bisa naik hingga 10 kali lipat lebih tinggi” ucap Rony, Sabtu (8/10/2022). 

Mengetahui hal tersebut, Rony terus belajar tentang cara bagaimana Ikan Koi cepat besar, tanpa merusak pola warna di ikan. Sehingga, ia berhasil menjadi pemenang dalam ajang Koi Sowh piala presiden di tahun 2017 dan tahun 2018 di Blitar. 

Bermodal pengalaman tersebut Rony warga Desa Blukon Sadeng Kecamatan Kota Lumajang, memberanikan diri membuka diler ikan koi atau farm hingga tembus ke pasar Internasional seperti Italia, Singapura, Malaysia dan Thailand secara mandiri.

"Untuk pemasaran, saya jual melalui media sosial dan alhamdulillah koi milik saya banyak yang lagu ke luar negeri” kata Rony.

Selain dipasarkan melalui media sosial, di farm atau diler Ikan Koi milik Rony, juga terdapat berbagai jenis Ikan Koi seperti Showa, Kohaku, Shiro dan berbagai jenis Koi lainnya. Dengan segala ukuran dan kualitas mulai dari panjang ikan 20 cm hingga size 70 cm.

Mulai harga  puluhan ribu hingga puluhan juta rupiah per ekor tergantung ukuran dan pola warna ikan. Hingga mencapai omset penjualan, hingga seratus juta lebih per bulan.

Sementara Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati melihat potensi tersebut, dirinya berkeinginan menjadikan Kabupaten Lumajang menjadi sentra Koi Indonesia. Karena Lumajang memiliki kualitas air yang bagus, sehingga Ikan Koi bisa dengan mudah hidup dan berkembang biak di Kabupaten Lumajang.

“Saya berkeinginan kalau satu desa, satu pelaku Budi daya koi. Dengan demikian maka Lumajang diharapkan bisa menjadi sentra koi di Indonesia” kata Indah Wakil Bupati Lumajang.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut