get app
inews
Aa Read Next : Pemdes Sokaan Ajak Siswa SD dan Masyarakat Untuk Hidup Sehat Melalui Program Jumat Sehat

Pedagang Kaki Lima Banjir Rezeki di Festival Senam dan Kreasi Candi Jabung Probolinggo

Senin, 05 September 2022 | 13:47 WIB
header img

PROBOLINGGO, iNews.id - Adanya festival senam kreatif di sekitar Candi Jabung, Desa Jabung Candi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo terasa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Khususnya, bagi para pedagang kali lima yang berjualan, di sekitar Candi Jabung. 

Hal itu diungkap Babun Afandi, pedagang es tebu dan es puter. Ia mengaku meraup keuntungan tiga kali lipat, dibanding hari biasanya. Jika hari biasa, paling banyak ia mendapat uang Rp 100 ribu, belum terpotong modal dan lain-lain. 

Pada acara tersehut, dagangannya laris manis. Bahkan bahan pokok tebu yang biasanya ia hanya bawa setengah karung, saat acara senam ia harus membawa satu kwintal tebu. Bahkan, masih kurang dan harus membeli tebu lagi ke agennya. 

"Alhamdulilah untuk sekarang ini mas, kalau dulu untuk dapat uang Rp 100 ribu itu masih jarang-jarang. Kalau hari ini, sudah lebih," syukurnya. Minggu (4/9/2022). 

Babun mengungkapkan, kalau para pelanggannya hari itu adalah para peserta, penonton hingga panitia. Sementara pada hari-hari biasa, kebanyakan dari warga sekitar saja. Karena pengunjung Candi Jabung tidak banyak, meski pada hari libur.

"Ya semoga lewat kegiatan ini, bisa diselenggarakan disini semua, agar dapat mengangkat perekonomian masyarakat," katanya.

Hal senada diutarakan Ahmad Baidawi, salah seorang pedagang pentol yang mangkal di sekitar lokasi acara senam. Baidawi mengaku, kalau rezekinya pada saat itu bertambah dua kali lipat, dibanding hari-hari biasa dimana dirinya masih harus berkeliling, untuk mendapatkan pelanggan.

"Aslinya saya keliling, cuma karena disini (Candi Jabung, red) ada acara, saya kesini dan alhamdulilah sudah mau habis dagangan saya tanpa keliling," ucapnya.

Diketahui sebelumnya Brigenrich Eo yang bekerjasama dengan media iNews.idProbolinggo menggelar festival senam kreasi 2022.Dalam senam tersebut dihadiri tokoh politik muda, dr. Mohamad Haris Damanhuri dan Forkopimka Paiton.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut