get app
inews
Aa Read Next : Bupati Lumajang Minta Masyarakat Tidak Panik Menghadapi Erupsi Semeru

SMPN 4 Lumajang Tampilkan Tarian Pesona Wono Deling di Ajang Karnaval Tingkat Pelajar

Rabu, 31 Agustus 2022 | 15:18 WIB
header img
Siswa SMPN 4 Lumajang Saat melakukan tari Wonodeling di Depan Pemkab Lumajang, (Foto: Ardianto/iNews.id)

LUMAJANG, iNews.id - Siswa Sekolah Menengah Pertama Negeri 04 Kabupaten Lumajang, menampilkan kesenian Tari Pesona Wono Deling dalam ajang karnaval tingkat pelajar SD/ MI/ SMP dan MTS yang digelar Pemerintah Kabupaten Lumajang, Selasa (30/08/2022). 

Tari Pesona Wono Deling adalah tari garapan yang menggambarkan perjuangan masyarakat Desa sumber mujur, untuk melestarikan hutan bambu yang berada di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Lumajang yang sempat rusak ketika kedatangan penjajah Jepang. 

Melihat kondisi hutan bambu yang memprihatinkan, sekelompok masyarakat dengan kesadaran pribadi, melakukan upaya pelestarian dan sosialisasi kepada masyarakat pengrajin bambu, guna memberikan kontribusi positif dari segenap lapisan masyarakat.

Hutan bambu dengan keindahan alam yang asri dan sejuk, sebagai sarana edukasi dan laboratorium alam untuk siswa mempelajari jenis, pola tanam, pemanfaatan bambu dan habitat satwa khususnya kera dan sumber air bersih Wonodeling. Sehingga mewujudkan profil pelajar Pancasila yang mempunyai rasa cinta, kepedulian, pelestarian lingkungan alam dan memanfaatkan hasil alam dengan bijak.

Kepala Sekolah SMP N 04 Lumajang, Mamik Setiawati mengatakan, pihak sekolah sengaja menampilkan atraksi Tari Wono Deling, lantaran menceritakan tentang perjuangan masyarakat Desa Sumber Wuluh Kecamatan Candipuro Lumajang. 

Di mana bertempur melawan Penjajah Belanda di kawasan hutan bambu, sehingga mengakibatkan hutan bambu menjadi rusak dan sejumlah hewan yang ada mati dan berpindah tempat. 

Meskipun demikian, berkat kekompakan dan kesabaran masyarakat, kini keberadaan hutan bambu menjadi salah satu andalan wisata Kabupaten Lumajang dan sekaligus, bisa membangkitkan perekonomian masyarakat.

“Yang bisa di petik dari atraksi ini adalah, dimana siswa atau masyarakat bisa diajarkan tentang melestarikan lingkungan hidup dan memanfaatkan keadaan alam dengan bijak”terang Mamik. 

Sebagai informasi, SMP N 04 Lumajang berhasil menjadi juara satu parade dan konser drum band tahun 2022, serta juara satu kategori kita patih dan juara dua kategori mayoret. Ketiga piala tersebut berhasil diborong oleh SMP N 04 Lumajang, pada saat lomba beberapa hari lalu di tingkat kabupaten.

Sementara Wakil Bupati Lumajang, Indah Masdar berharap, melalui acara tersebut diharapkan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat terutama pelaku industri kecil atau olahan. 

Karena pada saat pandemi melanda, banyak pelaku usaha kecil yang dulunya berjualan di sekolah-sekolah sementara waktu tidak dapat berjualan. 

“Sekarang inilah, ketika momen Covid semakin habis, maka event-event seperti ini, bisa memulihkan kembali ekonomi dan alhamdulillah antusias masyarakat luar biasa dan insya Allah kedepan samakin ramai” pungkasnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut