get app
inews
Aa Read Next : Jokowi Datang ke Gianyar Bali Atribut PDIP Terpasang di Rute Presiden Bersih Dilepas: Harus Netral

Jokowi Hadiri Sidang Tahunan MPR 2022 dengan Busana Adat Bangka Belitung, Apa Maknanya?

Selasa, 16 Agustus 2022 | 14:42 WIB
header img

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian Paksian, baju adat Bangka Belitung di Sidang Tahunan MPR 2022. Baju adat tersebut ia kenakan lengkap dengan headpiece yang memang tak pernah ketinggalan.

Pakaian Paksian yang dipakai Jokowi adalah pakaian pengantin yang biasa dikenakan masyarakat Bangka Belitung. Ada makna di balik pakaian tersebut, mau tahu?

Menurut laman Warisan Budaya Takbenda Indonesia Kemendikbud, pakaian Paksian adalah busana pengantin khas Kota Pangkalpinang.

Ada unsur China dan Arab dalam pakaian Paksian Bangka Belitung ini. Itu dapat terlihat dari penggunaan headpiece dan juga jubah, serta warna emas yang cukup mendominasi di setiap aksesorinya.

Ada cerita di balik busana pernikahan khas kota Pangkalpinang ini. Menurut kisah yang beredar di masyarakat, ada saudagar dari Arab datang ke negeri China untuk berdagang sambil menyiarkan agama Islam.

Saudagar itu jatuh cinta dengan seorang gadis China. Mereka saling cinta dan kemudian menikah. Pada pernikahan itulah mereka memakai pakaian adat masing-masing.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut