MAKKAH, iNews.id - Jamaah haji Indonesia merasa puas dengan layanan katering, akomodasi hingga transportasi selama di Makkah, Arab Saudi. Berbagai layanan full 24 jam disediakan untuk jamaah haji Indonesia. Heru (57 tahun), jamaah haji Indonesia asal Pati, Jawa Tengah dari embarkasi Solo (SOC 1) pun merasakan hal itu.
"Ya alhamdulillah untuk tahun ini kami pertama kali berangkat haji mendapatkan fasilitas semuanya bagus, mulai dari transportasi kemudian katering sama di penginapan semuanya bagus," kata Heru saat ditemui Media Center Haji (MCH) 2022 di kamarnya yang berlokasi di hotel Al Kiswah, sektor 4 Jarwal, Kamis (16/6/2022).
Hotel yang ditempatinya di Makkah sangat bagus dan jarak ke Masjidil Haram tidak begitu jauh. Setiap akomodasi tersedia fasilitas kamar tidur dengan kamar mandi di dalam, ruang makan, musala, mesin cuci dan tempat menjemur pakaian. Selain itu tersedia kulkas hingga AC yang sangat sejuk.
Hotel jamaah haji di Makkah terbagi dalam lima wilayah, yaitu: Misfalah (jarak dari Masjidil Haram sekitar 2 km), Mahbas Jin (sekitar 2 km), Jarwal (sekitar 850 m), Raudhah (sekitar 3,5 km), dan Syisyah (sekitar 4 km).
"Begitu juga yang lain transportasi ke Masjidil Haram itu juga difasilitasi oleh pemerintah dengan menggunakan bus shalawat dan jaraknya tidak terlalu jauh, kira-kira 800 meter. Kita juga sebagai jamaah merasa senang nyaman," ujarnya.
Layanan lain yang mendapat pujian dari Heru adalah konsumsi. Jamaah haji Indonesia akan mendapatkan makan sebanyak 3 kali sehari dengan waktu-waktu yang sudah ditentukan, mulai makan pagi, siang dan malam.
"Fasilitas kateringnya luar biasa, jadi kita dapat jatah makan 3 kali, itupun menunya juga menu rasa Indonesia jadi variatif juga untuk kateringnya," katanya.
Heru juga melihat kesigapan para petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk melayani seluruh jamaah haji Indonesia. Heru menilai dengan persiapan waktu yang singkat, pelayanan jamaah haji Indonesia sangat baik.
"Kemudian yang lain-lain petugasnya juga ramah-ramah, di mana kita berada di situ ada petugas. Kita sangat nyaman sekali. Pokoknya kalau kita mau kemana-mana kalau merasa kebingungan di situ kita bisa menemui petugas. Jadi jangan khawatir, di Makkah maupun di Madinah the best, its okay," ungkapnya.
Mu'ayanah, jamaah haji Indonesia yang juga berasal dari Pati juga merasa nyaman dan senang dengan pelayanan haji. Baik dari sisi konsumsi, akomodasi dan transportasi.
"Alhamdulillah kami nyaman, bagus semua, Makanan di sini juga baik. Fasilitas alhamdulillah bagus semua kami merasa nyaman ucapkan terima kasih kepada penyelenggara," katanya.
Dia juga memuji fasilitas hotel yang disediakan, sebab tersedia mesin cuci hingga tempat jemuran pakaian. Lokasi hotel juga dekat dengan Masjidil Haram dan tersedia bus shalawat.
Jamaah lainnya bernama Zumrotun asal Pati juga mengatakan hal yang sama. Dirinya berasa nyaman dengan seluruh pelayanan haji tahun ini.
"Alhamdulillah saya bersyukur sekali bisa ibadah haji tahun ini. Penantian 11 tahun, awalnya 9 tahun karena ada pandemi jadi 11 tahun, nyaman sekali di sini," katanya.
Editor : Ahmad Hilmiddin