Sering Jadi Langganan Banjir, Desa Warujinggo Probolinggo Bangun Drainase

Raphel Azizah
Pemerintah saat di lokasi drainase (foto : iNewsProbolinggo.id/Angga)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Kerap menjadi wilayah rawan banjir, pembangunan drainase di Desa Warujinggo, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo ini mulai membangun drainase atau got, agar saluran air dikala musing hujan datang, tidak terjadi genangan air di desa tersebut.

Kepala Desa Warujinggo, Edi Suwarwi mengatakan, jika saat memasuki musim penghujan, banyak warganya yang mengeluh akibat banjir.

"Ini disini kalau musim penghujan tiba, pasti terjadi banjir genangan hingga setinggi lutut orang dewasa, jadi motor pun tidak bisa jalan, karena kemasukan air," terangnya, pada senin (9/9/2024).

Oleh sebab itu, pihak desa langsung membuat saluran air di sudut desa yang kerap digenangi air. Agar dapat meminimalisir terjadinya luapan air.

"Selain pembangunan drainase, kami juga membenahi plengsengan, dan tanggul sungai yang jebol akibat diterjang derasnya air sungai," ungkapnya.

Karena seperti pada musim hujan kemarin, banyak rumah warga yang hancur terendam air, akibat tanggul plengsengan sungai yang rusak tersebut.

"Kita lebih memasifkan pembangunan tanggul yang jebol ini, karena kondisinya darurat, kalau tidak segera dibenahi, dipastikan nanti saat musim hujan, bisa banjir lagi," tuturnya.

Dilain sisi, Kholifah salah satu warga setempat mengaku senang dengan adanya pembangunan saluran pembuanga air dan perbaikan tanggul yang jebol tersebut.

"Ya jadinya kan desa yang kami tempati ini bisa terhindar dari banjir lagi, disaat memasuki musim penghujan, terimakasih pak kades, sudah mau mendengarkan keluhan warganya," tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network