Berangkat Dari Hobi, Dokter di Probolinggo Sukses Ternak Kambing Kurban

Zainul Rifan
Drg M Effrin saat melihat kondisi kambingnya (foto : iNewsProbolinggo.id/doni)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Mendekati idul adha atau hari raya kurban banyak bermunculan pedagang ternak. Seperti halnya yang dilakukan M. Effrin, warga Desa Sidodadi, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo. 

Pria yang berprofesi sebagai dokter gigi itu juga memanfaatkan momentum tersebut. Ia sengaja membuka stand penjualan kambing di pinggir jalan raya Desa Karanganyar, Kecamatan Paiton, tepatnya di depan rumah makan Malindo.

Saat dikonfirmasi Drg Effrin menjelaskan, sejatinya usaha yang mukai ditekuni saat ini merupakan implementasi dari hobinya yang sering memelihara hewan. Pernah sesekali ia pelihara burung untuk dijual kembali kepada pencinta burung.

Hanya saja, usaha tersebut tidak membuahkan hasil. Kemudian ia mencoba untuk memelihara kambing untuk dijual ketika sudah besar, utamanya pada momentum hari raya idul adha.

"Kambing ini kita lihat kebutuhan, dan ternyata menghasilkan, ya kita coba berlanjut. Kami sudah dua kali idul adha ini yang jualan," terangnya saat ditemui di lokasi, Jum'at (7/6/2024)

Pada penjualan itu, lanjut Effrin, dirinya dibantu oleh Fauzi. Dimana Fauzi ini membantu dalam pemeliharaan di kandang ataupun saat penjualan.

"Makanya ini sama sekali tidak mengganggu pekerjaan saya, kalau kandang saya ada di rumah," paparnya.

Effrin menuturkan, jika ada beberapa jenis kambing yang dijualnya, mulai dari krosingan, lokal serta impor. Harganya pun juga berbeda, dimulai dari Rp 2-5 juta, sesuai dengan jenis dan ukuran yang diinginkan pembeli. 

"Untuk sistem penjualannya ada yang kiloan ada yang bertemu langsung, yang kiloan ini untuk pembeli jauh, karena kalau lewat foto takut tidak sesuai," katanya.

Kemudian pada momentum hari raya Idul Adha rata-rata dapat menjual 2-5 ekor setiap harinya.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network