Fenomena Awan Berlubang di Langit Jember Viral, Netizen Bilang Itu Program Rekayasa Cuaca

Bambang Sugiarto
Penampakan awan berlubang di langit Jember, Jawa Timur. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsProbolinggo.id - Penampakan awan berlubang yang menyerupai ubur-ubur raksasa terlihat di langit Kabupaten Jember, Jawa Timur, pada hari Selasa (4/6/2024). Bentuknya yang unik dan langka ini diabadikan oleh warga dan menjadi viral di media sosial.

Menurut informasi dari iNews, fenomena awan ini hampir bisa dilihat di seluruh wilayah Jember, seperti di Kaliwates, Tempurejo, Puger, Balung, Patrang, Sumbersari, dan kecamatan lainnya.

Seorang warga Jember bernama Rusdi mengaku bahwa ini adalah pertama kalinya ia melihat bentuk awan seperti ini. Dia kemudian mengambil handphone dan mengambil foto.

"Saya tidak tahu apakah fenomena seperti ini pernah terjadi sebelumnya atau tidak. Tetapi ini pertama kalinya saya melihat awan seperti ini seumur hidup saya," ujar Rusdi pada hari Selasa (5/6/2024).

Berdasarkan berbagai sumber, fenomena alam ini sebenarnya adalah awan cavum yang terjadi akibat dari aktivitas teknologi manusia, terutama pesawat terbang. Analisis dari para peneliti menunjukkan bahwa semua jenis pesawat dapat menghasilkan awan cavum.

Bahkan para peneliti dari Pusat Penelitian Langley NASA pada tahun 2010 menemukan bahwa semakin besar sudut pesawat saat melintasi awan, semakin besar pula lubang yang terbentuk.

Foto awan berlubang ini juga diunggah oleh akun Instagram @undercover.id dan mendapat banyak komentar dari netizen.

Dalam keterangan dari Forecaster BMKG Banyuwangi Pos Meteorologi Jember, Hukama Nur Akmal, disampaikan bahwa pada pagi hari Selasa di wilayah langit Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, terjadi fenomena alam yang cukup unik, yaitu adanya lapisan awan berlubang.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network