6 Negara Penghasil Timah Terbesar di Asia Tenggara

Doniirawan/net_probolinggo
Negara penghasil Timah Terbesar di Asia Tenggara (foto : iNewsProbolinggo.id/Okezone)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.id - Asia Tenggara kaya akan sumber daya alam, termasuk timah. Timah merupakan logam yang penting dalam berbagai industri, seperti elektronik, baterai, dan solder. Berikut adalah 6 negara penghasil timah terbesar di Asia Tenggara:

1. Indonesia

Indonesia adalah penghasil timah terbesar di Asia Tenggara dan dunia. Pada tahun 2020, Indonesia memproduksi 77.500 ton timah.  Tambang timah terbesar di Indonesia terletak di Pulau Bangka Belitung.

2. Myanmar

Myanmar adalah penghasil timah terbesar kedua di Asia Tenggara. Pada tahun 2020, Myanmar memproduksi 33.000 ton timah.  Tambang timah terbesar di Myanmar terletak di Provinsi Kayah.

3. Vietnam

Vietnam adalah penghasil timah terbesar ketiga di Asia Tenggara. Pada tahun 2020, Vietnam memproduksi 4.900 ton timah.  Tambang timah terbesar di Vietnam terletak di Provinsi Cao Bang.

4. Thailand

Thailand adalah penghasil timah terbesar keempat di Asia Tenggara. Pada tahun 2020, Thailand memproduksi 700 ton timah.  Tambang timah terbesar di Thailand terletak di Provinsi Tak.

5. Malaysia

Malaysia adalah penghasil timah terbesar kelima di Asia Tenggara. Pada tahun 2020, Malaysia memproduksi 400 ton timah.  Tambang timah terbesar di Malaysia terletak di Perak.

6. Laos

Laos adalah penghasil timah terbesar keenam di Asia Tenggara. Pada tahun 2020, Laos memproduksi 300 ton timah.  Tambang timah terbesar di Laos terletak di Provinsi Xieng Khuang.

Faktor-faktor yang mempengaruhi produksi timah di Asia Tenggara antara lain:

Permintaan global timah

Harga timah

Biaya produksi

Kebijakan pemerintah

Kondisi lingkungan

Industri timah di Asia Tenggara menghadapi beberapa tantangan, seperti:

Penambangan ilegal

Pencemaran lingkungan

Pelanggaran hak asasi manusia

Pemerintah negara-negara di Asia Tenggara perlu bekerja sama untuk mengatasi tantangan ini dan memastikan industri timah yang berkelanjutan dan bertanggung jawab.

Editor : Arif Ardliyanto

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network