Milisi Houthi Yaman Serang Israel, Drone dan Roket Sasar ke Arah Eliat

Andika Hendra_net/Probolinggo
Kenapa milisi Houthi Yaman mulai serang Israel? Kementerian Luar Negeri Israel pun mengatakan Houthi yang didukung Iran meluncurkan drone dan rudal dengan tujuan merugikan Israel. Foto: SINDOnews/Reuters

GAZA, iNewsProbolinggo.id - Kenapa milisi Houthi Yaman mulai serang Israel? Kementerian Luar Negeri Israel pun mengatakan Houthi yang didukung Iran meluncurkan drone dan rudal dengan tujuan merugikan Israel. Insiden itu terjadi dua hari setelah Hamas, kelompok yang menguasai Jalur Gaza, mengatakan pihaknya meluncurkan roket ke arah Eilat.

Milisi Houthi di Yaman mengklaim telah meluncurkan serangan menggunakan pesawat tak berawak ke kota Eilat di selatan Israel sebagai tindakan "pembalasan" terhadap perang di Gaza. Israel melaporkan bahwa mereka telah menghancurkan suatu "target udara" yang tidak dikenal di Laut Merah pada pagi hari Selasa, 31 Oktober 2023.

Beberapa jam setelahnya, seorang pejabat senior Houthi memberitahu kantor berita AFP bahwa kelompok Yaman yang didukung oleh Iran telah mengirimkan drone ke selatan Israel.

"Pesawat tak berawak ini adalah milik negara Yaman," ungkap Abdelaziz bin Habtour, perdana menteri pemerintah Houthi. Militer Israel menyatakan bahwa mereka telah menembak jatuh "target udara" yang mendekat ke luar wilayah udara Israel, yang terjadi ketika ketegangan regional meningkat sehubungan dengan perang Israel vs Hamas .

Kejadian ini memicu sirine peringatan serangan udara di resor wisata populer di Laut Merah, yaitu Eilat, dan mengakibatkan warga berlari mencari tempat perlindungan.

Lebih dari 2 kilometer setelah peringatan awal mengenai kemungkinan "intrusi pesawat musuh," militer mengungkapkan dalam sebuah pernyataan bahwa "sistem mereka telah mengidentifikasi target udara yang mendekati wilayah Israel." Mereka menegaskan bahwa tidak ada ancaman atau risiko bagi warga sipil.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network