Sebagai Motor Penggerak Desa, 50 Sekdes di Kabupaten Probolinggo Ikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

Ahmad Didin
50 Sekretaris Desa mengikuti Bimtek Peningkatan Kapasitas

“Dari 3 indikator sektor pendidikan, kesehatan dan daya beli, kita yang daya belinya sudah bisa di atas rata-rata Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Tapi untuk sektor pendidikan dan kesehatan ini masih dibawah rata-rata. Bahkan kalau mungkin dilihat dipetakan di 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur, kita Insya Allah masih di seputar antara ranking 3 atau 5 dari bawah,"papar Heri.

"Tentunya permasalahan ini harus diselesaikan secara bersama-sama, tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemkab Probolinggo saja, tapi ketika itu bisa didukung dan disupport pemerintahan desa, Insya Allah ini akan lebih cepat teratasi,”jelasnya.

Salah satunya, lanjut Pj Sekda Heri, pada sektor pendidikan di desa nantinya diharapkan mereka bisa melalui dana desanya berpartisipasi, dalam rangka untuk membuka ruang pembelajaran bagi masyarakat yang mungkin pendidikannya harus segera ditingkatkan melalui pendidikan kejar paket dan sebagainya.

“Tentu harapannya ketika hanya dilakukan di Kabupaten Probolinggo yang hanya beberapa rombongan belajar saja tidak akan bisa semasif ketika satu desa kita minta membuka dua rombongan belajar yang masing-masing 20 orang. Satu rombongan belajar 20 orang saja dikali 325 desa akan banyak masyarakat yang tingkat pendidikannya teratasi,” jelasnya.

Demikian juga dengan masalah kesehatan, yakni dalam masalah stunting tidak serta-merta hari ini ada tindakan kemudian mereka selesai, tapi ini butuh waktu dan proses sehingga ketika di desa juga melakukan hal yang sama karena mereka lebih dekat dan lebih tahu masyarakatnya, permaslahan tersebut akan bisa cepat teratasi.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2 3 4

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network