Kemarau Panjang, Baca 6 Doa Ini untuk Meminta Hujan Teks Arab, Latin, dan Arti

Kastolani Marzuki
Masyarakat melakukan sholat dan doa meminta hujan. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Doa meminta hujan dengan lengkap, termasuk bacaan niat dan tata cara sholat istisqa, merupakan salah satu bentuk riyadhoh untuk memohon pertolongan kepada Allah agar Dia segera menurunkan rahmat-Nya berupa hujan.

Saat ini, hampir seluruh wilayah di Indonesia sedang mengalami kekeringan akibat musim kemarau yang berkepanjangan. Kondisi ini tidak hanya mengakibatkan krisis air, tetapi juga menyebabkan banyak kejadian kebakaran.

Dalam menghadapi situasi ini, Kementerian Agama dan Majelis Ulama Indonesia mendorong umat Islam untuk melaksanakan sholat istisqa dengan harapan agar Allah segera memberikan pertolongan-Nya dalam bentuk hujan.

Dalam Alquran, hujan memiliki manfaat besar karena saat turun ke bumi, hujan tersebut menyuburkan tanah yang gersang dan kering, sehingga tanaman dapat tumbuh dari tanah yang subur ini.

Tanaman ini kemudian menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup dan juga memberikan keindahan bagi siapa pun yang memandangnya.

Hujan yang diturunkan ke bumi juga merupakan sesuatu yang diberkahi. Allah SWT berfirman: 

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ 
“Kami turunkan dari langit air yang berkah (banyak manfaatnya) lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam” (QS. Qaf: 9). 

Melalui hujan, Allah menumbuhkan buat mereka berbagai macam tumbuhan yang menghasilkan banyak jenis buah, sebagaimana yang telah disaksikan.  Doa Meminta Hujan, Arab, Latin, Artinya Selain melaksanakan sholat istisqa meminta kepada Allah SWT untuk diturunkannya hujan. Muslim juga dianjurkan banyak membaca istighfar. 

Berikut doa meminta hujan yang bisa muslim amalkan. 

Doa Meminta Hujan 1 

اللَّهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيثًا مَرِيئًا هَنِيئًا مَرِيعًا غَدَقًا مُجَلَّلًا عَامَّا طَبَقًا سَحًّا دَائِمًا Latin: Allahumasqina ghaitsan mughiitsan mariian haniian marii'an ghadaqon mujallalan 'aamman thabaqon sahhan daaiman  Artinya: Artinya, "Ya Allah, turunkan kepada kami air hujan yang menolong, mudah, menyuburkan, yang lebat, banyak, merata, menyeluruh, dan bermanfaat abadi. 

Doa Meminta Hujan 2

اللَّهُمَّ اسْقِنَا الْغَيْثَ وَلَا تَجْعَلْنَا مِنَ الْقَانِطِينَ 
Latin: Allahummasqinaal ghaitsa walaa taj'alnaa minal qaanithin Artinya: Ya Allah, turunkan kepada kami air hujan. Jangan jadikan kami termasuk orang yang berputus harapan.  

Doa Meminta Hujan 3 

اللَّهُمَّ إِنَّ بِالْعِبَادِ وَالْبِلَادِ وَالْبَهَائِمِ وَالْخَلْقِ مِنَ الْبَلَاءِ وَالْجَهْدِ وَالضَّنْكِ مَا لَا نَشْكُو إِلَّا إِلَيْكَ  
Latin: Allaahumma inna bil ibaadi wal bilaadi wal bahaa imi wal khalqi minal balaa i wal juhdi wad dhanki maa laa nasykuu illaa ilaika.  Artinya: Ya Allah, sungguh banyak hamba, negeri, dan jenis hewan, dan segenap makhluk lainnya mengalami bencana, paceklik dan kesempitan di mana kami tidak mengadu selain kepada-Mu. 

Doa Meminta Hujan 4 

اللَّهُمَّ أَنْبِتْ لَنَا الزَّرْعَ وَأَدِرَّ لَنَا الضَّرْعَ وَاسْقِنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْسَمَاءِ وَأَنْبِتْ لَنَا مِنْ بَرَكَاتِ الْأَرْضِ 
Latin: Allaahumma anbit lanaz zar a, wa adirra lanad dhar a, wasqinaa min barakaatis samaa i, wa anbit lanaa min barakaatil ardhi.  Artinya: Ya Allah, tumbuhkan tanaman kami, deraskan air susu ternak kami, turunkan pada kami air hujan karena berkah langit-Mu, dan tumbuhkan tanaman kami dari berkah bumi-Mu. 

Doa Meminta Hujan 5 

اللَّهُمَّ ارْفَعْ عَنَّا الْجَهْدَ وَالْجُوعَ وَالْعُرْيَ وَاكْشِفْ عَنَّا الْبَلَاءَ مَا لَا يَكْشِفُهُ غَيْرُكَ Latin: Allaahummarfa annal jahda wal juu a wal uraa, waksyif annal balaa a maa laa yaksyifuhuu ghairuka.  Artinya: Ya Allah, angkat dari bahu kami kesusahan paceklik, kelaparan, ketandusan. Hilangkan dari kami bencana yang hanya dapat diatasi oleh-Mu. 

Doa Meminta Hujan 6 

اللَّهُمَّ إِنَا نَسْتَغْفِرُكَ إِنَّكَ كُنْتَ غَفَّارًا فَأَرْسِلِ السَّمَاءَ عَلَيْنَا مِدْرَارًا Latin: Allaahumma innaa nastaghfiruka, innaka kunta ghaffaaraa, fa arsilis samaa a alainaa midraaraa. Artinya: Ya Allah, sungguh kami memohon ampun kepada-Mu, karena Kau adalah maha pengampun. Maka turunkan pada kami hujan deras dari langit-Mu." 

Niat Sholat Istisqa Sebelum mengetahui tata cara lengkap sholat istisqa, terlebih dulu memahami bacaan niatnya. 
أصلي سنة الاستسقاء ركعتين مستقبل القبلة اماما/ماموما لله تعالى 
Latin: Ushalli sunnatal istisqaa i rak'ataini mustaqbilal qiblati imaman/makmuman lillahi ta'alaa. 

Artinya: Saya niat sholat sunnah istisqa 2 rakaat menghadap kiblat sebagai imam/makmum karena Allah Ta'ala. 

Tata Cara Sholat Istisqa Para ulama sepakat bahwa jumlah rakaat shalat istisqa adalah 2 rakaat dan dikerjakan pada siang hari. Pada rakaat pertama setelah surat al-Fatihah disunnahkan membaca surat Qaf dan pada rakaat kedua surat al-Qamar atau surat Nuh. 

Berikut tata cara lengkap shalat istisqa: 

1. Imam dan makmum berkumpul di tanah lapang untuk mengerjakan salat secara berjamaah. 

2. Tanpa azdan dan iqamat  

3. Membaca niat shalat istisqa أصلي سنة الاستسقاء ركعتين مستقبل القبلة 

اماما/ماموما لله تعالى 4. Membaca takbiratul ihram 

5. Takbir 7 x pada rakaat pertama 

6. Membaca Surat Al Fatihah 

7. Membaca Surat Qaf 

8. Rukuk 

9. I'tidal 

10. Sujud 

11. Berdiri untuk mengerjakan rakaat kedua 

12. Takbir 5x pada rakaat kedua. 

13. Membaca Surat Nuh atau Surat Al Qamar setelah Al Fatihah 

14. Tasyahud Akhir 

15. Salam 

16. Khutbah Khutbah salat istisqa' terdiri dari dua khutbah yang disampaikan khatib dengan cara berdiri dan sekali duduk di antara kedua khutbah.  

Dalam materi khutbah dianjurkan khatib mengajak umat Islam untuk bertaubat, meminta ampun atas segala dosa, serta memperbanyak istighfar dengan harapan Allah SWT mengabulkan apa yang menjadi kebutuhan umat Islam dan makhluk hidup lainnya pada saat kemarau panjang

Itulah ulasan doa meminta hujan, arab, latin, dan artinya lengkap tata cara sholat istisqa. Wallahu A'lam

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network