Kurangi Emisi Karbon, Pemerintah Bakal Berikan Subsidi Kendaraan Listrik Angkutan Umum

Gianto

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah berencana akan memberikan subsidi untuk kendaraan listrik, khususnya pada angkutan umum. Hal ini disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pada Selasa (25/10/2022). 

"Karena sektor transportasi ini merupakan salah satu penyumbang emisi terbesar menggunakan bahan bakar minyak (BBM)," tandasnya. 

Dia menjelaskan, tingginya emisi dapat diatasi dengan cara elektrifikasi, terutama dalam sektor transportasi. "Itulah sebabnya kami sedang kerja keras memaksimalkan bagaimana kita memberikan subsidi kepada EV dan juga sepeda motor dan berbagai angkutan umum lainnya," kata Luhut Binsar Panjaitan dalam acara Road to G20 dengan tema Guarding Energy Transition in Indonesia and Beyond by Himpuni. 

Menurutnya, jika subsidi diberikan maka 10 tahun kemudian Indonesia bisa menjadi negara yang mandiri dengan menggunakan energi baru terbarukan (EBT). 

Namun untuk mewujudkan elektrifikasi di sektor transportasi, masih ada berbagai tantangan yang dihadapi.

"Ini terutama pada industri manufaktur yang relatif baru di Indonesia. Akibatnya, harganya relatif lebih tinggi dari kendaraan konvensional atau berbahan bakar fosil," ungkapnya. 

Kendati demikian, Luhut mengaku optimistis tantangan tersebut bisa dihadapi Indonesia didukung dengan perkembangan teknologi dan kerja sama semua pihak.  

"Sekali lagi saya percaya, dengan perkembangan teknologi yang semakin bagus dan dari waktu ke waktu, kita bisa perbaiki dan kita harus bekerja sama," tuturnya. 

 

Sumber : iNews.id

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network