Gabung EAFF, ini Keuntungannya bagi Indonesia

andie

JAKARTA, iNews.id - Rumor PSSI akan pergi dari AFF (Federasi Asia Tenggara) dan gabung ke EAFF, terus bergulir dalam beberapa waktu terakhir. Ada beberapa keuntungan jika Timnas Indonesia gabung EAFF (Federasi Sepakbola Asia Timur). 

Keputusan pindah federasi bukan perkara mudah karena menyangkut masa depan sepakbola Indonesia. Setidaknya ada empat keuntungan Timnas Indonesia gabung EAFF:

1. Indonesia akan bersaing dengan tim-tim yang lebih kuat
Indonesia akan bersaing dengan tim-tim yang lebih kuat seperti Jepang dan Korea Selatan. EAFF beranggotakan 10 negara yang lima di antaranya memiliki ranking FIFA lebih baik daripada Indonesia (155).

Tim-tim itu antara lain Jepang (24), Korea Selatan (28), China (78), Korea Utara (112) dan Hong Kong (145). Bersua dengan tim-tim yang lebih kuat, tentu bagus untuk perkembangan Timnas Indonesia.

2. Ranking FIFA Indonesia melonjak
Indonesia pun bisa mendongkrak ranking FIFA-nya jika menuai hasil positif dari tim-tim EAFF yang lebih kuat ketimbang mereka. Indonesia harus memahami lebih dulu, bahwa menang atas Jepang, Korea Selatan, China, dan Korea Utara bukan perkara mudah. Hanya Hong Kong yang levelnya tidak jauh berbeda dari Indonesia meski Skuad Garuda kalah secara ranking FIFA.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network