Coba Redakan Sariawan dengan 3 Penanganan Pertama Ini

andie

PROBOLINGGO, iNews.id - Sariawan jadi salah satu masalah sehari-hari yang dialami banyak orang, baik pria, wanita, tua, muda, hingga yang sudah berumur pun.

Penyebab munculnya sariawan bisa karena berbagai faktor, mulai dari yang sederhana dan tidak disengaja contohnya cedera tergigit ketika makan, salah gerakan saat menyikat gigi, hingga karena adanya infeksi jamur atau virus atau bakteri dalam mulut dan juga mengalami gangguan penyakit autoimun.

Sering dianggap bukan masalah kesehatan serius, bukan artinya sariawan yang ada dan menganggu ini dibiarkan begitu saja. Anda bisa meredakannya dengan melakukan penanganan pertama di rumah.

Treatment di rumah ini setidaknya bisa membantu mempercepat proses penyembuhan dan membuat kita merasa lebih baik. Bagaimana penanganan pertama untuk sariawan?

Pertama, bisa menggunakan produk obat topikal (dioles) seperti gel, krim, pasta atau cairan obat yang memang untuk luka sariawan.

Cara berikutnya, bisa dengan kumur-kumur menggunakan air hangat yang dicampur garam atau soda kue. Terakhir, memanfaatkan susu magnesium dengan cara mengoleskan sedikit susu magnesium di kapas, lalu bubuhkan kapas tersebut pada bagian sariawan yang sakit.

Rasa sakit akibat sariawan biasanya cenderung membaik dalam beberapa hari. Luka sariawan ini juga biasanya sembuh tanpa pengobatan dalam waktu sekitar satu atau dua minggu.

Jika tidak kunjung sembuh juga dalam waktu dua pekan, segera periksakan diri ke dokter. Demikian sebagaimana diwarta dari WebMD, Selasa (19/7/2022) yang sudah ditinjau secara medis oleh dokter penyakit dalam, dr. Sabrina Felson, MD.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network