6 Makanan Yang Wajib Dihindari Saat Sariawan Melanda

Sulistiyowati
Sumber foto okezone

PROBOLINGGO,iNewsprobolinggo.id - Sariawan bisa sangat menyakitkan dan menyebabkan kesulitan untuk makan, minum, dan berbicara dengan benar.

Kondisi ini ditandai dengan pembengkakan atau pendarahan pada lapisan mulut, seperti pada bibir, gusi, lidah, pipi bagian dalam, dan langit-langit mulut.

Ketika mengalami sariawan anda perlu memperhatikan jenis makanan yang konsumsi, jika tidak ingin sariawan akan bertambah parah dan bisa sembuh lebih lama.

Sariawan merupakan penyakit mulut yang disebabkan oleh berbagai faktor, bisa karena kekurangan vitamin C atau penyebab lainnya.

Kondisi ini sering terjadi dan cukup mengganggu, karena terasa nyeri, sakit, dan perih. Tak jarang walau hanya lesi kecil, tapi sukses membuat kesulitan untuk makan dan minum.

Sariawan termasuk penyakit mulut yang tergolong ringan, bisa sembuh sendiri dan dapat diobati dengan sederhana di rumah. Meski demikian, karena sering menimbulkan rasa tidak nyaman, salah satu cara untuki mempercepat penyembuhan sariawan, adalah menghindari beberapa jenis makanan tertentu.

Pasalnya, ada beberapa jenis makanan yang sering kita makan justru bisa memperparah rasa sakit,” kata Rupali Datta, Konsultan ahli gizi. Melansir NDTV Food, Minggu (23/4/2023) saat sariawan berikut lima makanan yang wajib dihindari.

1. Makanan pedas: Bisa membuat sariawan semakin parah, karena rasa pedas bisa menyebabkan peradangan dan iritasi pada sariawan. Hindari makanan yang terlalu pedas agar sariawan cepat sembuh.

2. Buah-buahan citrus: Buah jeruk, jeruk balik, lemon, dan limau, merupakan buah yang mengandung asam sitrat. Asam sitrat ini yang bisa memicu timbulnya sariawan pada mulut serta memperlambat proses penyembuhan.

3. Minuman bersoda: Kenapa wajib dihindar? Sebab, mengandung asam yang bisa menyebabkan iritasi pada jaringan lunak di mulut dan memperparah sariawan. Selain itu, kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda juga berkontribusi memperburuk infeksi pada sariawan.

4. Minuman berkafein: Bagi para pecinta kopi, sebaiknya batasi konsumsi kopi jika sedang mengalami sariawan, karena kopi mengandung senyawa salisila. Senyawa unu bisa bikin iritasi pada gusi dan lidah serta memperparah kondisi luka sariawan.

5. Alkohol: Mau sariawan cepat sembuh? Hindari konsumsi alkohol untuk sementara waktu, ini penting karena kandungan alkohol bisa mengeringkan mulut dan merusak lapisan pelindung di mulut, imbasnya bisa memperlambat proses penyembuhan.

6. Terlalu panas atau dingin: Ini berlaku untuk makanan atau minuman, karena suhu yang terlalu panas atau dingin bisa membuat sariawan jadi semakin sakit dan meradang.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network