get app
inews
Aa Read Next : John Caine Centre Soroti Kedewasan Parpol untuk Calon Pemimpin Muda di Tahun 2024

83 WNI dari Ukraina Telah Tiba di Jakarta

Kamis, 03 Maret 2022 | 21:56 WIB
header img
WNI dari Ukraina saat tiba di Jakarta

JAKARTA, iNews.id - Sekitar 83 Warga Negara Indonesia (WNI) yang tinggal di Ukraina telah berhasil dievakuasi. Kepastian itu diperoleh setelah pesawat yang mengangkut mereka tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Banten, pada Kamis (03/03/2022).

 

Dari laporan petugas setempat di Instagram @imigrasi.seokarnohatta, pesawat tersebut mendarat sekitar pukul 17.14 WIB. Mereka langsung disambut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan sejumlah pejabat terkait.

 

Mereka dipulangkan ke Jakarta dari Rumania pada Selasa (01/03). Salah satu staf Kedutaan Besar RI untuk Ukraina, Ludi Budianto, mengatakan bahwa kloter pertama WNI tersebut diberangkatkan dari Bucharest menggunakan penerbangan khusus.

 

Evakuasi WNI di Ukraina pertama dilakukan pada Sabtu (26/02/2022). Sebanyak 25 WNI dievakuasi dari Odessa dan tiba di Bucharest pada Minggu (27/02/2022). Setelah itu, 6 WNI dan 1 WNA yang merupakan anggota keluarga warga Indonesia tersebut dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow, Polandia, pada Minggu (27/02/2022). Empat WNI di Ternopil, Lviv juga berhasil dievakuasi ke Polandia di hari yang sama.

 

Pada Senin (28/02/2022), 59 WNI yang berada di Kiev berhasil dievakuasi ke Bucharest Rumania menggunakan jalur darat. Evakuasi dilakukan setelah militer Rusia menggempur sejumlah wilayah di Ukraina sejak Kamis (24/02/2022).

 

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melaporkan, sementara ini total 99 WNI yang berada di Ukraina berhasil dievakuasi ke Polandia dan Rumania. "Jumlah total yang telah berada di luar Ukraina adalah 99 warga negara Indonesia dan 5 warga negara asing keluarga dari WNI kita," jelas Retno.

 

Seperti diketahui, Ukraina kini berada dalam kepungan Rusia, usai Presiden Vladimir Putin mengumumkan invasi ke Donbas, wilayah yang dikuasai kelompok separatis di timur Ukraina pada Kamis (26/02/2022).

 

Pertempuran sengit antara pasukan Ukraina dan pasukan Rusia tak bisa dihindari. Meskipun sempat ada pembicaraan kedua negara ini, namun Moskow masih terus melakukan serangan.

 

Menurut laporan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tercatat 102 warga sipil tewas dan 500 ribu warga mengungsi imbas invasi Moskow.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut