get app
inews
Aa Read Next : Dishub Larang Pasang APK Paslon di Angkutan Umum

LSM LIRA Probolinggo Layangkan Surat Permintaan KIP Kepada KPU Terkait Dana Hibah Pilkada

Kamis, 12 September 2024 | 15:41 WIB
header img
LSM LIRA saat memberikan surat kepada sekretariat KPU Kabupaten Probolinggo (foto : iNewsProbolinggo.id/istimewa)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Pegiat anti korupsi yang tergabung dalam LSM LIRA Kabupaten Probolinggo mengirim surat permintaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) terhadap dana hibah pilkada yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Surat tersebut diserahkan LSM LIRA ke kantor KPU Kabupaten Probolinggo di Kelurahan Semampir, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo pada Rabu (11/9/2024). 

Bupati LSM LIRA Salamul Huda menjelaskan, dalam Pilkada 2024 ini pihaknya akan menjadi pengawas independen demi berjalannya demokrasi yang benar-benar bersih.  Sehingga nantinya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Probolinggo.

Pengiriman surat ini melalui beberapa pertimbangan, salah satunya terkait pesta demokrasi sebelumnya yang banyak kecurangan, dibuktikan dengan banyak PPK yang dipecat karena terbukti cawe-cawe pada yang bukan wewenangnya.

"Pertimbangan lain, penyalahgunaan anggaran oleh penyelenggara, itu dibuktikan dari banyak ditemukan TPS kandang ayam di beberapa wilayah atau kecamatan," katanya.

Salam menegaskan, jika semisal surat permohonan itu tidak direspon oleh KPU Kabupaten Probolinggo. Maka pihaknya akan membawa permasalahan ini ke tingkat yang lebih tinggi.

"Akan kami tempuh jalur hukum ke Komisi Informasi Publik dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu dan permohonan sengketa Komisi Informasi Jawa Timur sesuai dengan Undang-undang KIP nomor 14 tahun 2008," tergasnya.

Terpisah, Ketua KPU Kabupaten Probolinggo Aliwafa mengaku jika pihaknya sudah menerima surat permohonan KPI dari LSM LIRA tersebut. Selanjutnya, pihaknya bersama komisioner lainnya akan mengkaji lebih lanjut.

"Sudah kami terima dan akan kami pelajari dulu. Jika memang mereka (LSM LIRA) tidak datang ke sini, maka kami menjawab melalui surat juga tapi kalau ke sini kami akan sediakan apa yang mereka harus ketahui dan yang dikecualikan," paparnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut