get app
inews
Aa Read Next : KPU Kota Probolinggo Memilih RSUD Dr Soetomo Surabaya Periksa Kesehatan Bacawali dan Wawali

651 Pantarlih Hadir di Acara Apel Apresiasi KPU Kota Probolinggo

Rabu, 24 Juli 2024 | 19:49 WIB
header img
Acara Apel Apresiasi KPU kota Probolinggo ( Foto : InewsProbolinggo.id / Ide Nasution)

PROBOLINGGO,iNewsProbolinggo.idKPU kota Probolinggo menggelar acara Apel Apresiasi Petugas Pemuktahiran Data Pemilih (Pantarlih) yang digelar di GOR Mastrip, Rabu (24/7/24)

Dihadiri 651 Pantarlih, perwakilan Forkopimda, perwakilan KPU Jatim, Ketua Bawaslu Kota Probolinggo Johan Dwi Angga, kepala perangkat daerah terkait, camat dan lurah se-Kota Probolinggo, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) se- Kota Probolinggo.

Acara itu digelar dalam rangka persiapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur jawa timur dan juga Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo. Dalam apel itu juga diserahkan piagam penghargaan kepada 29 orang Pantarlih terbaik. 

Ketua KPU kota Probolinggo mengatakan hasil coklit yang dilakukan oleh Pantarlih akan mempengaruhi seluruh prosesi tahapan penyelenggaraan Pilkada.

"Pertama tentu saja adalah data pemilih. Data pemilih merupakan konstitusi hak warga negara yang perlu untuk kita lindungi bersama, jangan sampai masyarakat terutama di Kota Probolinggo yang mempunyai hak pilih kemudian tidak bisa menyalurkan hak pilihnya pada tanggal pemungutan suara. 

Kedua, akurasi data dan verifikasi yang dilakukan oleh bapak ibu pantarlih selama proses coklit juga memengaruhi jumlah tempat pemungutan suara pada saat akhir pemungutan suara. Terakhir, proses coklit juga berpengaruh pada logistik pelaksanaan pilkada mulai dari surat suara dan juga logistik yang lain. 

Termasuk coklit data pemilih juga berpengaruh pada proses lainnya, di antaranya adalah pelaksanaan sosialisasi, pemungutan dan penghitungan suara sampai nanti rekapitulasi suara,” beber Ketua KPU periode 2024-2029.

Berkat kerja keras Pantarlih itulah, Kota Probolinggo dinobatkan sebagai 6 kabupaten/kota terbaik pelaksana coklit se-Jawa Timur. Terbukti, sebelum pekan ketiga pelaksanaan coklit yang di mulai 24 Juni - 24 Juli 2024, sudah rampung 100%.

“Tidak ada yang kami sampaikan selain ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas kinerja yang luar biasa yang ditunaikan bapak ibu sekalian,” ungkapnya.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Nurkholis yang diwakili Sekda drg. Ninik Ira Wibawati dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kerja keras segenap Pantarlih didasari dari motivasi dan kesadaran yang kuat.

Agar pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Wali kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2024, terlaksana dengan baik dan terpilih pemimpin yang benar-benar berpihak pada rakyat.

"Maka dari itu, atas nama pemerintah Kota Probolinggo kami mengajak peran serta bapak ibu sekalian untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2024," jelasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut