get app
inews
Aa Read Next : Dishub Larang Pasang APK Paslon di Angkutan Umum

KPU Kota Probolinggo Mulai Buka Pendaftaran KPPS, Butuh 2.296 Petugas

Senin, 16 September 2024 | 18:24 WIB
header img
Proses sosialisasi KPU Kabupaten Probolinggo (foto : iNewsProbolinggo.id/raphel)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) pendaftaran Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), pada senin (16/9/2024).

Kegiatan digelar di Gedung Pertemuan Hotel Bromo View, Jalan Raya Bromo, Kelurahan Ketapang, Kecamatan Kademangan, Kota Probolinggo.

Rekrutmen anggota KPPS itu sendiri dimulai 17 sampai 21 September 2024. Mereka akan bertugas di masing - masing TPS yang berjumlah 328 di Kota Probolinggo. Per - TPS ada 7 petugas KPPS. Namun, tugas mereka tidak hanya pada saat hari pemungutan suara. 

Ketua KPU Kota Probolinggo Radfan Faisal menyampaikan masa kerja Petugas KPPS terhitung 20 hari sebelum pencoblosan dan 7 hari setelah pencoblosan, atau pada 7 November 2024 mendatang, untuk pengukuhannya.

Pendaftaran KPPS untuk Pilkada ini, tidak jauh berbeda dengan Pemilihan Presiden. Adapun persyaratannya meliputi warga negara indonesia, usia minimal 17 tahun dan tamatan SMA serta mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur, dan adil. 

"Kemudian tidak menjadi anggota partai politik atau tim pemenangan yang dinyatakan dengan surat pernyataan yang sah. Kami nanti akan periksa di apilkasi Sipol Online," terangnya.

Tahun ini, KPU fokus pada kemampuan bidang IT. "Karena bagaimanapun pemahaman IT ini sangat penting. Misalkan ketujuh anggota seluruhnya paham IT, itu akan sangat mempermudah kerja ya," ucapnya. 

KPU Kota Probolinggo akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait seperti Dinas Kesehatan, dan Satpol PP.

"Salah satu persyaratan KPPS kan ada lampiran kesehatan secara jasmani dan rohani ya. Ada tiga komponen yaitu kolesterol, gula darah dan tekanan darah ," tandasnya.

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut