get app
inews
Aa Read Next : Pembangunan Jalan Menuju Akses Pertanian Diperbaiki, Petani di Probolinggo Sumringah

Anggaran Tahap Pertama 2024 Desa Guyangan Prioritaskan Perbaikan Akses Jalan Menuju Wisata

Jum'at, 12 Juli 2024 | 12:14 WIB
header img
Proses monev akses jalan menuju wisata (foto : iNewsProbolingo.id/doni)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Kabupaten Probolinggo memang gudangnya wisata, baik wisata pantai, gunung ataupun air terjun. Salah satunya wisata air terjun guyangan, yang berlokasi di Desa Guyangan, Kecamatan Krucil, Kabupaten Probolinggo.

Untuk mengembangkan wisata tersebut, pemerintah desa setempat melalui anggaran tahap pertamanya di 2024 inu membangun dan memperbaiki akses menuju wisata tersebut.

Kepala Desa Guyangan Hasyim mengatakan, untuk anggaran tahap pertama 2024 ini pihaknya memprioritaskan pembangunan akses wisata. Dan saat ini sudah membangun jalan sepanjang 400 meter.   

"Pertimbangannya mempermudah akses pengunjung lebih aman baik, disamping itu kita bangun gazebo dan jembatan penghubung," katanya.

Selain pembangunan tersebut, pihaknya juga mengadakan pembibitan melalui anggaran ketahanan, pembibitan itu nantinya akan disebar ke setiap dusun untuk dijadikan dusun wisata.

Artinya setiap dusun memiliki wisata buah sendiri, seperti halnya Dusun Lebah yang menjadi kampung duren, Dusun Krajan nyesuaikan potensi. 

"Harapannya kita guyangan itu jadi desa mandiri di wisata bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat," ucapnya

Sementara itu, Camat Krucil Febry Ilham Hidayat saat melakukan monev di lokasi, pada Kamis (12/7/2024) mengatakan, jika upaya monev itu dilakukan untuk mengontrol dan mengecek sejauh mana pengelolaan anggaran yang sesuai aturan atau tidak.

"Disitu kita harus menjaga juga dan pengelola tepat sasaran, kewajiban  pajak juga," tuturnya.

Ia berharap, dengan bagusnya akses jalan ini juga bisa meningkatkan perekonomian masyarakat serta Pendapatan Asli Desa (PADes).

Editor : Arif Ardliyanto

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut