get app
inews
Aa Read Next : Pria di Kota Probolinggo Dilaporkan, Nekat Palsukan Surat Waris Jual Tanah Miliaran Rupiah

Budayawan Kota Probolinggo Mbah Guco, Meninggal Dunia

Selasa, 19 Maret 2024 | 14:42 WIB
header img
Mbah Guco semasa hidup ( Foto : medsos)

PROBOLINGGO, iNewsProbolinggo.id - Kota Probolinggo kehilangan salah satu tokoh budayawan Bambang Suripono, atau lebih dikenal dengan sebutan nama  Mbah Guco yang menghembuskan nafas terakhir pada Selasa (19/05/2024).

Mbah Guco merupakan pendiri Sanggar Seni Mardi Budaya yang merupakan satu-satunya sanggar kesenian Reog di Kota Probolinggo, didirikan pada tahun 2009.

Beliau dibantu oleh anak perempuannya yaitu Yuyun Widowati untuk mengajari anak-anak muda mulai dari SD-SMA untuk belajar budaya lokal seperti beberapa materi, reog ponorogo, jaran bodhag (kesenian khas kota probolinggo). 

Sanggar ini adalah sanggar yang bersifat sosial, artinya tidak dipungut biaya.

Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Kota Probolingo, Rahcma Deta Antariksa mengatakan, turut berduka cita meninggalnya salah satu tokoh budayawan seni Mbah Guco.

"Kami turut berduka cita serta berterimakasih atas segala sumbangsih dan pemikiran atas kiprah dalam kebudayaan serta kesenian di Kota Probolinggo. 

Termasuk juga aktif mengembangkan kesenian dan kebudayan di Kota Probolinggo sebagai penunjang wisata yang ada," tuturnya.

Editor : Ahmad Hilmiddin

Follow Berita iNews Probolinggo di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut